diet makanan berkalori tinggi

Sedang Diet? Waspadai Makanan Berkalori Tinggi Berikut!

Santan, minyak zaitun, margarin serta kurma dikenal sebagai sumber makanan sehat. Namun, meskipun sehat, ternyata mereka termasuk makanan berkalori tinggi yang perlu dibatasi. Jika Anda sedang melakukan diet, sebaiknya waspadai beberapa makanan berikut ini.

Kismis

Kismis atau raisin (anggur kering) memang kaya akan nutrisi. Tapi, bukan berarti kismis bebas dimakan banyak-banyak. Kismis termasuk makanan padat kalori. Setengah ounce saja bisa mengandung 129 kalori.

Dengan jumlah kalori yang sama, Anda bisa makan dua cangkir penuh anggur segar. Jadi, daripada makan anggur dalam bentuk keringnya, lebih baik pilih segarnya. Kecuali jika butuh energi besar dalam waktu cepat.

Selai Kacang

Selain enak, selai kacang bisa membantu membentuk otot, membakar lemak, bahkan mencegah penyakit jantung. Tetapi, manfaat itu hanya didapat jika mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, misalnya untuk olesan roti.

Memakan selai kacang langsung beberapa sendok sehari akan berbahaya untuk tubuh. Dua sendok makan selai kacang hampir sama dengan sebatang Snickers. Setiap satu sendok makan selai kacang sama dengan 100 kalori.

Chia Seeds

Superfood yang satu ini sedang naik daun. Chia seeds atau biji chia enak sekali jika ditambahkan pada sereal atau smoothies. Tetapi, ternyata chia seeds termasuk makanan berkalori tinggi. Sesendok makannya mengandung sekitar 70 kalori,

Jika tidak berhati-hati, kita bisa tak sadar memasukkan tambahan 200 kalori ke dalam makanan.

Coklat Hitam

Coklat hitam atau dark chocolate memang kaya flavonoid yang punya banyak manfaat. Tapi bukan berarti bisa memakannya banyak-banyak karena satu batang bisa berisi 600 kalori.

Cukup konsumsi sekeping (sekitar 2,5 cm) saja setiap malam. Terlalu banyak makan coklat hitam juga bisa memicu sembelit atau membuat Anda susah tidur.

Roti Gandum

Roti gandum (whole wheat bread) juga makanan berkalori tinggi. Semua yang berlabel ‘whole wheat’ tak lantas berarti bisa dimakan banyak-banyak. Jumlah kalorinya bisa sama atau bahkan lebih tinggi dari roti putih.

Pastikan Anda meneliti kandungannya karena label ‘whole wheat bread’ terkadang mengandung lebih banyak gula atau sirup jagung. Penambahan gula bertujuan agar rasanya lebih enak, padahal hal itu sama dengan menambah kalori.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun (olive oil) memang termasuk lemak sehat yang bisa membantu menurunkan berat badan. Tetapi minyak zaitun pun termasuk makanan berkalori tinggi yang lebih baik dibatasi. Dua sendok makan minyak zaitun sama dengan 238 kalori.

Santan Kelapa

Santan kelapa bermanfaat untuk mempercepat metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Tetapi bukan berarti santan bebas kalori. Secangkir santan bisa mengandung 552 kalori dan 57 gram lemak. Jika menggunakan santan instan, pilihlah yang berisi 100 kalori dalam sekali saji.

Kurma

Kurma penuh dengan manfaat dan bisa dijadikan alternatif pengganti permen. Namun mengonsumsi kurma perlu dibatasi karena sebiji kurma bisa mengandung 23 kalori.

Mayonaise

Mayonaise biasanya jadi bahan wajib untuk roti lapis, kue, atau dressing salad. Tapi, dua sendok makan mayonaise saja bisa menambahkan 180 kalori. Jumlah ini sama dengan sekali makan kudapan berisi daging ayam, sayur, dan mustard.

Margarin

Margarin sering digembar-gemborkan lebih sehat daripada mentega. Namun Anda perlu hati-hati karena satu sendok makan margarin bisa berisi 45 kalori.

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*