Pahami Dulu Tentang Kojid Acid Sebelum Menggunakannya

Bagi Anda yang sudah pernah mendengar bahkan sudah pernah mencoba produk perawatan kecantikan dengan kandungan kojic acid, mungkin sudah tahu apa itu bahan tersebut, termasuk manfaatnya. Namun, jika Anda masih asing, mungkin perlu menggali banyak informasi sebelum menggunakannya.

kojic acid

Kojic acid merupakan sebuah bahan banyak manfaat yang berasal dari Jepang ini. Kojic acid kini telah menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan untuk memutihkan kulit. Tapi apa sih sebenarnya kojic acid itu? Yuk perhatikan ulasan berikut agar Anda paham tentang kojic acid yang akan Anda  gunakan.

  • Apa itu Kojic Acid?

Kojic acid merupakan bahan perawatan kulit yang sudah mulai digunakan secara tradisional sejak tahun 1989. Bahan alami ini berasal dari Jepang dan mulanya merupakan produk sampingan dari proses fermentasi sake maupun fermentasi beras.

Kojic acid ini berasal dari kombinasi berbagai jenis jamur yang dihasilkan dari proses fermentasi makanan, antara lain sake Jepang, kecap, dan anggur beras. Fungsi kojic acid sendiri yaitu untuk menghambat dan mencegah pembentukan tirosin dan asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin. Sementara melanin adalah pigmen yang berperan dalam penggelapan warna kulit. Karena itulah kojic acid memiliki fungsi mencerahkan kulit.

  • Bagaimana Cara Kerja Kojic Acid?

Senyawa kojic acid dikenal sebagai zat pencerah kulit karena kemampuannya menghambat kerja zat tironase yang berperan sebagai enzim pembuat melanin atau pigmen warna kulit. Dengan terhambatnya produksi pigmen melanin, warna kulit pun dapat menjadi lebih cerah. Masalah-masalah kulit seperti hiperpigmentasi, noda bekas jerawat, dan bintik-bintik hitam di wajah juga dapat memudar.

  • Zat yang Efektif Gigunakan Bersama Asam Kojic

Kojic acid umumnya ditemukan dalam produk kosmetik bersama-sama dengan bahan lain, bukan sebagai bahan tunggal. Hal ini dikarenakan senyawa asam kojic bersifat tidak stabil ketika digunakan dalam produk kosmetik. Jika tidak dipadukan dengan zat-zat tambahan lain, asam kojic berpotensi berubah warna menjadi cokelat.

Untuk produk kosmetik yang bertujuan mencerahkan warna kulit akibat hiperpigmentasi, biasanya krim berbahan asam kojic digunakan secara bersamaan dengan asam glikolat. Sedangkan untuk meringankan penggelapan kulit yang disebabkan oleh kondisi melasma, biasanya produk kosmetik akan memakai bahan asam kojic dan asam glikolat, ditambahkan dengan hydroquinone.

  • Seberapa Efektif Kojic Acid untuk Mencerahkan Kulit?

Berbeda dengan hidrokinon, kojic acid dapat mencerahkan kulit tanpa efek samping yang merugikan. Bahan ini dihasilkan dari beberapa jenis jamur dan digunakan dalam pembuatan sake di Jepang. Para wanita di negeri sakura sudah menggunakan bahan ini sebagai pemutih dalam kosmetik tradisionalnya.

Dosis yang dianjurkan relatif kecil, dengan konsentrasi maksimum sebesar 1 persen. Namun, untuk mengurangi kemungkinan efek samping, produk kosmetik pencerah kulit dapat menggunakan konsentrasi sekitar 0,2 persen. Efek kojic acid biasanya akan mulai terlihat setelah 2 sampai 6 minggu pemakaian. Kandungan bahan kojic acidbiasanya terdapat dalam produk-produk skincare berlabel mencerahkan seperti serum, pelembab, body lotion serta sabun kojic acid. Namun, hasilnya dapat muncul lebih cepat dan efektif apabila dikombinasikan bersama bahan lain, seperti glycolic acid.

***

Bagi Anda yang ingin menggunakan skincare atau bodycare yang memiliki kandungan kojic acid memang butuh konsultasi dari dokter. Perlu diingat pula bahwa kojic acid tidak mencerahkan lebih dari warna kulit secara genetik sejak lahir. Jadi, sifatnya hanya mengembalikan rona cerah kulitmu seperti sedia kala bukan menjadikannya lebih putih.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*