tips menurunkan berat badan dengan kesadaran penuh

Menurunkan Berat Badan dengan Kesadaran Penuh

Tantangan terbesar saat menurunkan berat badan adalah memilih makanan yang harus dikonsumsi. Untuk melakukan hal ini, kuncinya hanya satu. Yaitu fokus pada makanan yang segar, rendah kalori/lemak dan rendah gula. Seringkali, bagian tersulitnya adalah mengubah cara dan persepsi yang mendorong Anda mengonsumsinya.

Salah satu strategi yang bisa membantu Anda adalah dengan memiliki kesadaran penuh saat menjalani diet. Dengan kesadaran penuh atau mindfulness, pola rencana makan atau diet akan lebih mudah dan terasa sederhana. Baca terus ulasan tentang metode mindfulness untuk program menurunkan berat badan berikut ini ya.

Pentingnya Kesadaran Penuh untuk Menurunkan Berat Badan

Menurut ahli mindfulness Ronald D. Siegel, asisten profesor psikologi di Harvard Medical School, manfaat utama kesadaran penuh untuk menurunkan berat badan adalah membantu pelaku diet memahami cara makan secara emosional.

Dikatakannya bahwa orang harus makan berdasarkan isyarat sinyal otak yang merasa lapar. Jadi, bukan menjadikan makan sebagai pelampiasan ketika Anda sedang stres, marah, atau sedih. Ini adalah cara makan tanpa berpikir.

Kesadaran penuh ini dapat membantu mengurangi kecanduan makanan atau hobi mengemil saat Anda sedang stres, dan ingin mencari kesenangan.

Kesadaran Pribadi untuk Kendalikan Kecanduan Makanan

Lebih dalam lagi, perilaku kecanduan makanan ini bisa menjadi bentuk pelanggaran terhadap komitmen Anda untuk diet. Sebagai contoh, saat menjalani program diet, Anda melihat brownies cokelat, kemudian memakannya sepotong dan merasa sangat bersalah. Jika kurang mampu mengendalikan diri, Anda memakan sisa kue yang ada untuk menghilangkan rasa bersalah.

Nah, dengan kesadaran pribadi, Anda akan lebih mudah mengenali dan mengatasi rasa bersalah atau ketidaknyamanan ini. Dengan mengalihkan perasaan yang tidak bahagia dan melatih kesadaran diri, Anda lebih mudah mengendalikan kecanduan makanan.

Penerimaan Diri (Self Acceptance)

Aspek lain dari pelatihan mindfulness atau praktik perhatian penuh adalah penerimaan diri. Jika menyerah pada keinginan diet sehat, maafkan diri Anda dan lanjutkan diet sehat.

Ingatlah, bahwa manusia tidak ada yang sempurna dan Anda tidak harus menyiksa diri dengan rasa lapar. Dr. Siegel menyatakan, 4 dari 12 studi tentang perilaku kesadaran penuh untuk menurunkan berat badan, akan berjalan efektif jika pelaku diet bisa menerima dirinya dan mengendalikan emosinya.

Dalam sebuah studi, orang-orang dengan penyakit jantung didorong untuk makan sehat dan berolahraga. Ketika mereka hampir menyerah, peserta diajarkan cara untuk menerima diri sendiri. Mereka diajarkan menjauhkan pikiran dan perasaan dari hal-hal negatif. Dengan pikiran yang selalu optimistis, peserta melakukan perubahan positif dalam pola makan dan kebiasaan berolahraga.

Strategi lain yang berhasil dilakukan adalah meditasi kesadaran. Langkah ini fokus pada cara makan para peserta. Mereka berlatih menyadari tingkatan rasa lapar, emosi, pikiran, motivasi dan lingkungan.

Latihan ini paling efektif bila dikombinasikan dengan rasa menghargai diri sendiri, berpikiran positif, mengulangi kalimat motivasi positif, serta berbagi kebaikan dengan orang lain. Tidak ada salahnya diikuti, untuk menjaga berat badan yang tetap ideal dan sehat. Selamat mencoba!

Referensi:
Harvard Medical School, Amerika Serikat

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*