Mengenal Penyebab Jantung Bengkak dan Cara Mencegahnya

Jantung bengkak merupakan kondisi saat ukuran jantung membesar melebihi ukuran normal. Kondisi ini terjadi sebagai gejala dari berbagai jenis penyakit yang mendorong jantung untuk bekerja dengan lebih keras, seperti tekanan darah tinggi, gangguan katup jantung, dan lain sebagainya.

jantung bengkak

Saat jantung membesar, jantung kehilangan kemampuannya untuk memompa darah secara efisien. Akibatnya, penderita lebih mungkin untuk mengalami komplikasi seperti stroke dan gagal jantung.

Kondisi yang menyebabkan jantung bengkak

Seringkali, jantung bengkak tidak disadari oleh penderita karena tidak menimbulkan gejala tertentu. Bagi sebagian orang, kondisi ini juga bisa membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Salah satu faktor yang menyebabkan pembesaran jantung adalah upaya jantung untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Meski begitu, dalam beberapa kasus, kondisi ini juga bisa saja terjadi tanpa sebab yang jelas.

Secara umum, beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan pembengkakan pada jantung antara lain:

  • Tekanan darah tinggi

Saat Anda menderita tekanan darah tinggi, jantung dipaksa untuk bekerja dengan lebih keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Lama-kelamaan, hal ini akan membuat jantung menjadi membesar serta adanya penebalan pada otot-otot jantung.

Secara khusus, tekanan darah tinggi akan membuat ventrikel kiri dan bilik atas jantung membengkak.

  • Anemia

Anemia merupakan kondisi kurangnya sel darah merah untuk untuk membawa oksigen yang cukup jaringan dalam tubuh. Apabila tidak diatasi, anemia dapat membuat detak jantung menjadi lebih cepat dan tidak teratur. Hal ini akan mendorong jantung memompa darah dengan lebih keras dan menyebabkan jantung bengkak.

  • Gangguan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon untuk mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme. Gangguan pada kelenjar tiroid bisa terjadi dalam dua jenis, yaitu produksi hormon tiroid berlebih (hipertiroidisme) atau kurangnya produksi hormon tiroid (hipotiroidisme).

Baik hipertiroidisme maupun hipotiroidisme sama-sama bisa menimbulkan berbagai gejala dalam tubuh, termasuk mempengaruhi kondisi detak jantung, tekanan darah, serta pembesaran ukuran jantung.

  • Gangguan katup jantung

Gangguan katup jantung terjadi saat katup yang berfungsi sebagai pintu pada jantung mengalami kerusakan. Hal ini bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah dari jantung ke bagian tubuh lainnya. Jantung pun terpaksa untuk memompa darah dengan lebih keras dan meningkatkan resiko jantung bengkak.

Selain penyakit yang disebutkan di atas, masih ada beberapa kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan pembengkakan pada jantung. Di antara berbagai kondisi yang ada, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi menjadi faktor yang paling sering terjadi.

Cara mencegah kondisi jantung bengkak

Apabila pembesaran jantung dialami sejak lahir, kondisi ini mungkin akan sulit untuk dihindari. Akan tetapi, ada beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk menurunkan resiko jantung bengkak di kemudian hari.

Beberapa upaya mencegah pembesaran jantung meliputi:

  • Mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, susu rendah lemak, dan biji-bijian
  • Mengurangi konsumsi garam dan lemak jenuh
  • Menghindari tembakau dan alkohol
  • Melakukan olahraga secara rutin, bisa dengan berlatih aerobik ataupun melatih kekuatan otot
  • Melakukan pemeriksaan kolesterol dan tekanan darah secara rutin

Pada penderita tekanan darah tinggi, pencegahan bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan secara teratur dan mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu, lakukanlah lebih banyak kegiatan yang mendorong tubuh untuk tetap aktif secara fisik serta melakukan diet sehat. Beberapa masalah jantung bengkak mungkin saja bersifat permanen, namun gejalanya dapat diringankan dengan melakukan upaya pencegahan agar tidak memburuk. Pada kondisi jantung bengkak ringan, gejala mungkin akan sulit untuk dideteksi.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*