Memahami Istilah Interaksi Obat

Interaksi obat adalah reaksi antara dua (atau lebih) obat atau antara obat dan makanan, minuman, atau suplemen.

Mengkonsumsi obat dalam kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan interaksi obat. Interaksi obat dapat mempengaruhi cara kerja obat atau menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tentang obat-obatan yang Anda minum. Jika Anda meminum beberapa obat berbeda, menemui lebih dari satu dokter, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, Anda dan dokter Anda perlu mengetahui semua obat yang Anda minum.

Dengan mengetahui obat-obatan yang Anda konsumsi, akan membantu Anda menghindari potensi masalah seperti interaksi obat. Interaksi obat dapat membuat obat Anda kurang efektif, menyebabkan efek samping yang tidak terduga, atau meningkatkan kerja obat tertentu. Beberapa interaksi obat bahkan bisa berbahaya bagi Anda.  

Membaca label setiap kali Anda menggunakan obat tanpa resep atau resep dan meluangkan waktu untuk mempelajari interaksi obat mungkin penting untuk kesehatan Anda. Interaksi obat terbagi dalam tiga kategori besar yaitu:

  • Interaksi obat-obat terjadi ketika dua atau lebih obat bereaksi satu sama lain. Interaksi obat-obat ini dapat menyebabkan Anda mengalami efek samping yang tidak terduga.  Misalnya, mencampurkan obat yang Anda minum untuk membantu Anda tidur (obat penenang) dan obat yang Anda minum untuk alergi (antihistamin) dapat memperlambat reaksi Anda dan membuat mengemudi mobil atau mengoperasikan mesin berbahaya.
  • Interaksi obat-makanan / minuman dihasilkan dari reaksi obat dengan makanan atau minuman. Misalnya, mencampur alkohol dengan beberapa obat dapat menyebabkan Anda merasa lelah atau memperlambat reaksi Anda.
  • Interaksi obat-kondisi dapat terjadi ketika kondisi medis yang Anda miliki membuat obat tertentu berpotensi berbahaya. Misalnya, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda dapat mengalami reaksi yang tidak diinginkan jika Anda menggunakan dekongestan hidung.

Bicarakan dengan dokter atau apoteker tentang obat yang Anda minum. Ketika dokter Anda meresepkan obat baru, diskusikan semua obat dan obat resep, suplemen makanan, vitamin, tumbuhan, mineral dan herbal yang Anda konsumsi, serta makanan yang Anda makan. 

Ingat, interaksi obat bisa sangat berbahaya untuk kondisi kesehatan Anda. Selalu waspada dan tanyakan potensi interaksi obat ketika dokter atau apoteker memberikan Anda obat-obatan baru.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*