Manfaat dan Efek Samping Buncis Bagi Anak

Manfaat buncis tidak hanya menjaga kesehatan jantung, tapi juga mengurangi potensi kanker.

Vitamin dan mineral dalam jumlah yang banyak dapat didapatkan dari salah satu jenis sayuran yang mudah didapat, buncis merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak kedua kandungan tersebut. Lebih dari, banyak orang belum mengetahui bahwa ternyata manfaat buncis dapat menjaga kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan baik dan sesuai aturan.

Selain lezat, jenis sayuran yang mudah ditemui di warteg atau warung makan kaki lima ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Manfaat yang dimiliki buncis tidak akan berkurang meski dimasak dengan cara ditumis maupun sebagai lalap. Salah satu manfaat yang dimiliki adalah mampu menambah nutrisi ketika seseorang melakukan program diet.

Macam Manfaat Buncis

Green beans menjadi sebutan buncis untuk orang-orang yang berada di belahan bumi barat, selain itu masyarakat Amerika Serikat menggunakan sayuran ini sebagai pendamping ketika menyantap steak, karena dipercaya dapat menambah nutrisi yang ada. Berikut ini macam manfaat kesehatan yang dimiliki buncis.

  1. Sumber Serat

Karbohidrat dan serat pangan yang cukup banyak terkandung dalam buncis, jika seseorang mengonsumsi sayuran ini dengan rutin maka dapat dipastikan sistem pencernaannya semakin lancar dan mengantisipasi dari sembelit. Terutama pada anak, sangat direkomendasikan untuk memberikan sayuran ini untuk anak.

  1. Protein Tinggi

Seperti yang diketahui bahwa sayuran jenis kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang cukup banyak, termasuk yang terkandung di dalam buncis. Nutrisi yang dimiliki mampu digunakan untuk tumbuh kembang anak, khusus pada jaringan otot yang terdapat di seluruh tubuh si anak tersebut.

  1. Vitamin A dan C

Buncis memiliki beberapa kandungan vitamin, seperti vitamin A dan C, vitamin A khususnya mampu membuat penglihatan anak semakin menjadi lebih baik. Kemudian vitamin C mampu meningkatkan daya tahan anak agar tidak mudah terkena beberapa penyakit seperti flu, batuk hingga infeksi lainnya.

  1. Sumber Mineral

Buncis merupakan sumber mineral, di mana manfaatnya yang satu ini mampu sangat berguna untuk mendukung tumbuh kembang anak khususnya pada pertumbuhan tulang dan gigi. Mineral tersebut sangat bermanfaat untuk kedua organ tubuh, khususnya pada anak yang sedang mengalami pertumbuhan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Menurut hasil penelitian, satu cangkir yang mengandung buncis mentah mengandung 31 kalori tanpa adanya lemak. Kemudian mengandung 3,6 gram gula, kandungan inilah yang mampu membantu seseorang dalam usaha untuk menurunkan berat badan.

  1. Kesehatan Jantung

Tidak ada kolesterol dalam kandungan buncis, hal inilah yang menjadi alasan mengapa sayuran ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebaliknya, buncis dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh, kolesterol ini sangat berisiko meningkatkan seseorang terkena penyakit jantung.

  1. Cegah Kanker

Salah satu alasan buncis digunakan sebagai makanan pendamping steak karena sayuran jenis ini memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Steak identik dengan daging yang dipanggang menggunakan temperatur yang tinggi, bahan makanan ini berpotensi menimbulkan efek karsinogenik yang timbul dari amina heterosiklik dan mampu menyebabkan kanker.

Klorofil yang dikonsumsi dari buncis bersamaan dengan konsumsi daging panggang mampu menurunkan risiko seseorang terkena kanker sekaligus menghadang efek karsinogenik yang diakibatkan dari daging yang dipanggang.

Beberapa manfaat buncis yang dijelaskan di atas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak manfaat yang terkandung di dalam buncis. Meski sepele, sayuran jenis ini nyatanya mampu menjadi pemberi asupan yang menjaga kesehatan tubuh dan sangat direkomendasikan untuk anak dalam masa pertumbuhan.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*