Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Protein Harian di Rumah

Penting bagi Anda untuk mengkonsumsi cukup kebutuhan protein harian untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Protein membantu tubuh Anda untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat, membangun dan memperbaiki jaringan, mengangkut nutrisi dan menyediakan fungsi penting lainnya. Tahukah Anda berapa banyak protein yang Anda butuhkan? Setiap orang membutuhkan jumlah protein yang berbeda dan ada banyak faktor yang mempengaruhi jumlah protein Anda.

Namun, beberapa peneliti percaya bahwa akan semakin baik jika Anda mengkonsumsi protein secara signifikan melebihi jumlah protein harian yaitu 50 gram perhari.

Asupan protein tinggi dapat membantu Anda menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, dan meningkatkan kesehatan.

Berikut adalah 9 cara mudah untuk mengonsumsi lebih banyak protein:

  1. Konsumsi Protein Terlebih Dahulu

Saat makan, konsumsilah sumber protein terlebih dahulu, terutama sebelum Anda sampai ke sumber nutrisi lainnya.  Protein meningkatkan produksi PYY, hormon usus yang membuat Anda merasa kenyang dan puas.

Selain itu, asupan protein yang tinggi menurunkan kadar “hormon lapar” ghrelin dan meningkatkan tingkat metabolisme Anda setelah makan dan selama tidur.

Terlebih lagi, mengkonsumsi protein terlebih dahulu dapat membantu menjaga kadar gula dan insulin Anda agar tidak naik terlalu tinggi setelah makan.

Gula darah dan insulin naik secara signifikan lebih sedikit ketika Anda mengkonsumsi protein dan sayuran sebelum makanan tinggi karbohidrat lainnya, dibandingkan saat Anda mengkonsumsi makanan tersebut ketika urutannya dibalik.

  1. Konsumsi Keju Sebagai Cemilan

Konsumsi makanan ringan adalah cara yang baik untuk memasukkan protein tambahan ke dalam makanan Anda, selama Anda memilih jenis yang tepat.

Banyak makanan ringan umum yang sangat rendah protein, seperti keripik, pretzel, dan kerupuk. Contoh, satu porsi 28 gram (1 ons) keripik tortilla memiliki 137 kalori tetapi hanya memiliki 2 gram protein (6).

Sebaliknya, jumlah keju cheddar yang sama (28 gram) mengandung 7 gram protein, dengan 117 kalori dan 4 kali lebih banyak kalsium dibandingkan dengan keripik tortila.

  1. Ganti Sereal dengan Telur

Banyak makanan sarapan yang rendah protein, termasuk roti panggang, bagel, dan sereal.

Meskipun oatmeal mengandung lebih banyak protein daripada kebanyakan sereal, oatmeal hanya menyediakan sekitar 6 gram dalam porsi 1 cangkir biasa.

Di sisi lain, tiga telur ayam menyediakan 19 gram protein berkualitas tinggi, bersama dengan nutrisi penting seperti selenium dan kolin yang baik untuk tubuh Anda. 

Terlebih lagi, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur untuk sarapan dapat mengurangi nafsu makan dan membuat Anda kenyang selama beberapa jam, sehingga Anda akhirnya makan lebih sedikit kalori di kemudian hari. 

  1. Pilih Yogurt Yunani atau Greek Yogurt 

Yoghurt Yunani adalah makanan tinggi protein serbaguna.

Satu porsi 240 gram (8 ons) greek yogurt menyediakan 17-20 gram protein, sekitar dua kali lipat dari yogurt biasa.

Penelitian menunjukkan bahwa yogurt Yunani meningkatkan pelepasan hormon usus GLP-1 dan PYY, yang mengurangi rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang.

Selain itu, Greek yogurt mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA), yang telah terbukti dapat meningkatkan kehilangan lemak.

  1. Tambahkan Makanan Kaya Protein ke Salad Anda

Salad mengandung banyak sayuran yang menyediakan vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu melindungi Anda dari penyakit.

Namun, kebanyakan salad mengandung hanya beberapa gram protein, yang kemungkinan akan menyebabkan kelaparan setelah satu atau dua jam setelah Anda mengkonsumsinya.

Anda dapat menambahkan protein ke salad Anda, sebagai berikut:

  • Dada ayam: 30 gram.
  • Tuna: 26 gram.
  • Salmon: 25 gram.
  • Keju: 22 gram.
  1. Tambahkan Makanan Protein Tinggi Pada Setiap Makanan Anda

Beberapa peneliti merekomendasikan untuk mengkonsumsi minimal 20-30 gram protein setiap kali Anda makan.

Studi menunjukkan bahwa jumlah tersebut meningkatkan kepenuhan dan menjaga massa otot lebih baik daripada jumlah protein kecil yang Anda makan sepanjang hari.

Pilih makanan dari daftar makanan protein tinggi yang lezat seperti telur, dada ayam, brokoli, daging, tuna, udang untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan protein Anda di setiap hidangan.

  1. Pilih Potongan Daging Sedikit Lebih Besar

Memilih potongan daging yang tidak berlemak dan meningkatkan ukuran porsi sedikit dapat secara signifikan meningkatkan kandungan protein dari makanan Anda.

Terlebih lagi, makanan Anda bahkan mungkin menjadi lebih rendah kalori.

  1. Konsumsi Edamame

Kedelai memiliki lebih banyak protein daripada kacang-kacangan lainnya dan sangat populer di kalangan vegetarian dan vegan.

Satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein dan sekitar 180 kalori.

Edamame kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai kaempferol, yang dapat mengurangi gula darah dan membantu menurunkan berat badan.

  1. Konsumsi Ikan Kalengan

Ikan kalengan menjadi salah satu cara yang efisien untuk meningkatkan asupan protein harian Anda. 

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, herring, dan mackerel juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang dapat melawan peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Mendapatkan kebutuhan protein harian yang cukup sangat penting untuk Anda.

Asupan protein tinggi dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menambah otot, sekaligus meningkatkan komposisi tubuh dan kesehatan metabolisme Anda.

Hal tersebut mudah dilakukan jika Anda mengikuti tips sederhana di atas untuk meningkatkan kebutuhan protein harian Anda.

Read More
tips menurunkan berat badan dengan kesadaran penuh

Menurunkan Berat Badan dengan Kesadaran Penuh

Tantangan terbesar saat menurunkan berat badan adalah memilih makanan yang harus dikonsumsi. Untuk melakukan hal ini, kuncinya hanya satu. Yaitu fokus pada makanan yang segar, rendah kalori/lemak dan rendah gula. Seringkali, bagian tersulitnya adalah mengubah cara dan persepsi yang mendorong Anda mengonsumsinya.

Salah satu strategi yang bisa membantu Anda adalah dengan memiliki kesadaran penuh saat menjalani diet. Dengan kesadaran penuh atau mindfulness, pola rencana makan atau diet akan lebih mudah dan terasa sederhana. Baca terus ulasan tentang metode mindfulness untuk program menurunkan berat badan berikut ini ya.

Pentingnya Kesadaran Penuh untuk Menurunkan Berat Badan

Menurut ahli mindfulness Ronald D. Siegel, asisten profesor psikologi di Harvard Medical School, manfaat utama kesadaran penuh untuk menurunkan berat badan adalah membantu pelaku diet memahami cara makan secara emosional.

Dikatakannya bahwa orang harus makan berdasarkan isyarat sinyal otak yang merasa lapar. Jadi, bukan menjadikan makan sebagai pelampiasan ketika Anda sedang stres, marah, atau sedih. Ini adalah cara makan tanpa berpikir.

Kesadaran penuh ini dapat membantu mengurangi kecanduan makanan atau hobi mengemil saat Anda sedang stres, dan ingin mencari kesenangan.

Kesadaran Pribadi untuk Kendalikan Kecanduan Makanan

Lebih dalam lagi, perilaku kecanduan makanan ini bisa menjadi bentuk pelanggaran terhadap komitmen Anda untuk diet. Sebagai contoh, saat menjalani program diet, Anda melihat brownies cokelat, kemudian memakannya sepotong dan merasa sangat bersalah. Jika kurang mampu mengendalikan diri, Anda memakan sisa kue yang ada untuk menghilangkan rasa bersalah.

Nah, dengan kesadaran pribadi, Anda akan lebih mudah mengenali dan mengatasi rasa bersalah atau ketidaknyamanan ini. Dengan mengalihkan perasaan yang tidak bahagia dan melatih kesadaran diri, Anda lebih mudah mengendalikan kecanduan makanan.

Penerimaan Diri (Self Acceptance)

Aspek lain dari pelatihan mindfulness atau praktik perhatian penuh adalah penerimaan diri. Jika menyerah pada keinginan diet sehat, maafkan diri Anda dan lanjutkan diet sehat.

Ingatlah, bahwa manusia tidak ada yang sempurna dan Anda tidak harus menyiksa diri dengan rasa lapar. Dr. Siegel menyatakan, 4 dari 12 studi tentang perilaku kesadaran penuh untuk menurunkan berat badan, akan berjalan efektif jika pelaku diet bisa menerima dirinya dan mengendalikan emosinya.

Dalam sebuah studi, orang-orang dengan penyakit jantung didorong untuk makan sehat dan berolahraga. Ketika mereka hampir menyerah, peserta diajarkan cara untuk menerima diri sendiri. Mereka diajarkan menjauhkan pikiran dan perasaan dari hal-hal negatif. Dengan pikiran yang selalu optimistis, peserta melakukan perubahan positif dalam pola makan dan kebiasaan berolahraga.

Strategi lain yang berhasil dilakukan adalah meditasi kesadaran. Langkah ini fokus pada cara makan para peserta. Mereka berlatih menyadari tingkatan rasa lapar, emosi, pikiran, motivasi dan lingkungan.

Latihan ini paling efektif bila dikombinasikan dengan rasa menghargai diri sendiri, berpikiran positif, mengulangi kalimat motivasi positif, serta berbagi kebaikan dengan orang lain. Tidak ada salahnya diikuti, untuk menjaga berat badan yang tetap ideal dan sehat. Selamat mencoba!

Referensi:
Harvard Medical School, Amerika Serikat

Read More
musik meningkatkan memori

Musik Dapat Meningkatkan Memori Dan Mood

Relevansi antara musik dan peningkatan memori otak serta suasana hati (mood) ternyata telah dibuktikan langsung oleh pembuat film dokumenter asal Amerika Serikat, Dan Cohen. Pria yang juga berprofesi sebagai pekerja sosial di panti jompo untuk orang pikun dan demensia ini merilis film dokumenter berjudul “Alive Inside” yang dirilis pada 2014.

Cohen membuat film dokumenter ini selama 3 hari untuk mendokumentasikan efek luar biasa dari mendengarkan musik bagi perilaku, suasana hati, serta kualitas hidup para lansia di panti jompo.

Metode Sederhana Terapi Musik

Dapat dikatakan, metode Cohen cukup sederhana. Dia meminta para lansia penghuni panti jompo untuk membuat daftar lagu atau musik instrumental yang mereka sukai. Selanjutnya, ia memasukkan semua daftar ini pada CD MP3, dan memutarnya untuk menghibur para penghuni panti jompo.

Daftar musik yang dimasukkan memiliki berbagai genre, mulai dari jazz, rock hingga musik klasik. Ternyata, metode yang diterapkan Cohen ini mendapatkan reaksi yang sangat mengejutkan. Beberapa penghuni panti wreda yang sebelumnya tidak bisa berbicara, mulai bernyanyi dan menari mengikuti irama musik. Sementara itu, anggota panti yang lain mulai menceritakan kapan dan di mana mereka pernah mendengarkan musik itu. Musik tampaknya telah membuka memori dan kenangan lama para penghuni panti, yang kebanyakan berusia lebih dari 50 tahun itu.

Musik Mengaktifkan Memori Otak

Ada semakin banyak bukti untuk menjelaskan penyebab orang-orang di dalam film bisa merasa “hidup kembali” dan mengingat lagi lokasi mereka pernah mendengarkan lagu itu. Pasalnya, mendengarkan musik bisa mengaktifkan kembali area otak yang berhubungan dengan daya ingat, penalaran (kognitif), ucapan, emosi dan penghargaan.

Dua penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Jepang, menemukan fakta bahwa, musik tidak hanya membantu mengembalikan daya memori yang tersimpan, tapi juga membantu mengingat hal baru.

Sebagai contoh, pada kedua penelitian tersebut, orang tua yang sehat mendapat skor tes memori dan kognitif yang lebih baik setelah mereka mengikuti kelas olahraga dan latihan fisik sedang, dengan iringan musik.

Para peneliti di Laboratorium Musik dan Neuro-Imaging, Harvard University Amerika Serikat, yang bermitra dengan Beth Israel Deaconess Medical Center, telah menemukan fakta penting tentang lirik lagu. Terungkap bahwa menyanyikan lirik lagu, dapat membantu pemulihan seseorang yang baru sembuh stroke atau cedera otak kiri.

Musik Pulihkan Kesulitan Bicara

Kemampuan bernyanyi berasal dari otak kanan yang tidak rusk. Maka, pasien bisa belajar berbicara secara bertahap dengan bernyanyi terlebih dahulu. Bahkan, Teknik diterapkan ini untuk belajar berpidato dan berbicara oleh anggota komite Kongres Amerika Serikat, setelah sembuh dari luka tembak otak yang membuatnya sulit berbicara. Bernyanyi juga membantu orang yang normal mempelajari kata dan frasa lebih cepat.

Jika Anda peduli dengan orang tua atau pasien dengan gangguan kognitif, pikun atau demensia, terapi mendengarkan musik bisa menjadi pilihan. Anda bisa membuat daftar lagu pilihan yang dimainkan di pemutar MP3 sebagai terapi yang membantu orang tua dengan demensia.

Ayo, kita bantu tingkatkan kemampuan memori otak kakek dan nenek atau orangtua terkasih melalui terapi musik.

Referensi:
Harvard Medical School

https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/music-can-boost-memory-and-mood
Read More
makanan untuk buang air besar lancar

Rekomendasi 12 Makanan untuk Buang Air Besar Lancar


Jika Anda mengalami konstipasi atau sembelit, upayakan untuk tidak menggunakan obat pencahar sebagai pelancar buang air besar yang instan. Pasalnya, cara terbaik untuk mendapatkan pencernaan yang sehat dengan jadwal buang air besar teratur adalah dengan berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan kaya serat, serta minum banyak air. Tetapi jika Anda kesulitan untuk melakukannya, mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu meredakan sembelit.

1. Rasberi
Rasberi merupakan salah satu buah-buahan beri yang memiliki cita rasa manis asam yang menyegarkan. Anda dapat memakannya sebagai camilan atau dicampur dengan yogurt. Selain itu, kombinasi dengan potongan kacang almond dapat menambah lagi asupan serat untuk tubuh yang lebih banyak.

2. Pir
Salah satu buah manis ini memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang cukup tinggi. Namun, tidak hanya itu, buah pir juga memiliki banyak serat dan air, yang dapat membantu mengatasi sembelit.

3. Popcorn
Popcorn tidak hanya dapat diandalkan sebagai camilan saat menonton film saja. Makanan ringan berbahan dasar jagung ini memiliki banyak kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Namun, pastikan untuk tidak mencampurkannya dengan garam dan mentega untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

4. Semangka
Buah semangka memang tidak memiliki banyak serat, tetapi 92% dari komposisi buah ini adalah air. Dengan mengonsumsi semangka, Anda dapat memenuhi banyak dari kebutuhan cairan tubuh, termasuk mendorong tubuh untuk buang air besar. Selain itu, semangka juga penuh dengan nutrisi seperti antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh, serta vitamin A, B, C, dan likopen, yang membantu melindungi tubuh Anda dari sinar UV.

5. Oatmeal
Makan ini cukup identik sebagai sajian simpel dan sehat untuk sarapan yang memberikan rasa kenyang tahan lama. Tidak hanya itu, oatmeal juga merupakan sumber serat yang baik dengan kandungan gandum yang mampu menyerap banyak air sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Asupan ini juga bagus dalam membantu menurunkan kadar LDL, atau “kolesterol jahat,” dan memberi asupan karbohidrat kompleks, protein, kalsium, dan zat besi.

6. Almond
Anda bisa menambah potongan kacang almond pada salad dan hidangan penutup, seperti yogurt dan keju. Kandungan serat yang tinggi pada almond dapat membantu meringankan kerja pencernaan dan melancarkan buang air besar.

7. Sayuran Hijau
Jangan lewatkan makanan sehat yang dapat memperlancar pencernaan Anda yang satu ini. Kangkung, bayam, dan sawi hijau termasuk sayuran hijau yang dapat membantu memperlancar buang air besar. Pasalnya sayur-sayuran ini mengandung serat tinggi yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

8. Salad Kentang
Kentang memiliki kandungan serat yang tinggi untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, kandungan kentang yang disebut “pati resisten” juga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Saat masuk ke dalam usus, pati resisten dari kentang akan dimakan oleh bakteri baik yang kemudian diubah menjadi asam lemak rantai pendek.

10. Yogurt
Yogurt dengan kandungan probiotik atau bakteri baik memiliki manfaat besar untuk saluran pencernaan Anda. Itulah sebabnya dengan mengonsumsi yogurt, Anda dapat menjaga kesehatan pencernaan dan membuat kerja dari organ-organnya menjadi lebih teratur. Semua jenis yogurt dapat berperan untuk ha ini, tetapi yogurt dengan probiotik dapat bekerja lebih baik untuk membantu pencernaan Anda.


11. Kopi
Mungkin akan sedikit membingungkan, sebab sebagian orang memberikan respon negatif pada pencernaan saat meminum kopi. Namun, ada pula yang malah mendapati pencernaannya membaik setelah meminum kopi. Akan tetapi, salah satu teori menyebutkan bahwa kopi dapat mempengaruhi usu menjadi berkontraksi. Itulah sebabnya kopi dapat membuat Anda buang air besar.

12. Air
Terakhir, air merupakan asupan paling sederhana yang dapat membantu pencernaan Anda bekerja dengan sebagaimana mestinya. Meskipun dapat diperoleh dari asupan lain seperti buah-buahan atau sup, tidak ada salahnya untuk memperhatikan asupan minum harian Anda. Namun, jangan lupa untuk selalu memilih minum yang bersih dan higienis agar tidak mengalami diare.

Referensi:

https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-foods-make-you-poop
Read More