Bagaimana Etika Pengambilan Foto Pasien di Rumah Sakit?

Kini telah banyak tanda larangan yang dipasang di sejumlah rumah sakit berisikan ‘dilarang mengambil gambar berupa foto ataupun video di area rumah sakit’. Mengapa demikian? Hal tersebut untuk memperjelas bahwa pengambilan foto di rumah sakit tidak bisa sembarangan dan dapat menyebabkan Anda berurusan dengan hukum jika sembarangan menyebarluaskannya. Untuk pengambilan foto di rumah sakit sendiri, sebenarnya tidak sepenuhnya dilarang. Akan tetapi terdapat etika khusus untuk pengambilan foto di rumah sakit. 

foto pasien

Peraturan tentang pengambilan foto

Terdapat peraturan pemerintah yang menekankan mengenai pengambilan foto pasien di rumah sakit. Peraturan tersebut tercantum dalam undang-undang serta peraturan Menteri Kesehatan (Menkes). Hal tersebut berarti, Anda dapat dijerat dengan pasal yang jelas mengandung kekuatan hukum apabila mengambil foto di rumah sakit secara sembarangan. Beberapa peraturan pemerintah tersebut di antaranya yaitu:

  1. Undang-undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Rumah Sakit
  2. Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) 
  3. Paturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien 

Etika pengambilan foto atau video 

Hal utama yang perlu dipahami mengenai pengambilan foto terutama foto orang lain adalah privasi. Sebenarnya, hak mengenai privasi bukan hanya harus diterapkan di rumah sakit, namun juga di tempat lain. Tidak semua orang berkenan untuk diambil gambarnya untuk disebarluaskan apalagi digunakan untuk kepentingan komersil. Oleh karena itu, Anda harus memahami mengenai etika pengambilan foto seperti berukut ini. 

  1. Meminta izin pasien dan keluarganya 

Apabila Anda akan mengambil foto orang lain, Anda perlu meminta izin terlebih dahulu. Jangan sampai Anda melanggar privasi orang lain dengan asal memotret hanya karena merasa ada momen penting. Izin dari pasien dan keluarganya harus didapatkan sebelum Anda mengambil foto mereka. 

  1. Meminta izin dokter yang bersangkutan 

Anda bisa meminta izin dokter yang bersangkutan jika merasa perlu mengambil foto. Misalkan, setelah istri melahirkan dan sedang menggendong anak pertama Anda. Momen terkadang tidak bisa diulang dan beberapa orang ingin mengabadikannya dalam sebuah foto. Mintalah izin untuk memfoto momen tersebut pada dokter yang bersangkutan. Akan tetapi, pastikan Anda hanya mengambil foto seperlunya saja dan tidak berlebihan. 

  1. Meminta izin rumah sakit

Agar dipastikan bahwa hal yang Anda lakukan memang legal, sebaiknya Anda meminta izin pada pihak rumah sakit sebelum melakukan pemotretan. Hal ini sangat penting sebab jika di kemudian hari Anda dituntut, Anda memiliki bukti resmi tentang izin mengambil gambar dan penggunaannya. 

  1. Tidak mengganggu proses penanganan medis 

Rumah sakit adalah tempat yang dituju oleh orang-orang untuk mencari kesembuhan atas penyakit mereka. Jika Anda melakukan pengambilan foto di rumah sakit, pastikan Anda tidak mengganggu kegiatan yang sedang berlangsung, baik itu berupa operasi, kegiatan administrasi, maupun di bagian farmasi. 

  1. Tidak membuat gaduh dan berisik 

Ketika mengambil foto, Anda harus sebisa mungkin tidak membuat gaduh. Matikan suara pada kamera. Pastikan juga Anda tidak menggunakan lampu flash sebab hal tersebut dapat sangat mengganggu. 

Untuk keperluan khusus pekerjaan dan penelitian seperti pers, Anda dapat mengajukan izin resmi pemotretan terlebih dahulu. Izin berupa lampiran tertulis biasanya dikirimkan kepada kepala rumah sakit bersangkutan. Beberapa yang tercantum dalam surat izin tersebut adalah hari dan tanggal pemotretan, estimasi waktu yang dibutuhkan, tujuan pemotretan, serta jumlah fotografer yang akan memotret. Tanpa izin dari rumah sakit yang bersangkutan, pemotretan resmi dari pihak tertentu seperti pers dapat digolongkan sebagai ilegal serta bisa dituntut di kemudian hari. 

Read More

Benarkah Urutan Gejala Covid-19 Selalu Muncul Berurutan?

Sampai saat ini pandemik Covid-19 belum usai, sebaliknya di Indonesia belakangan ini kasus per harinya justru terus meningkat. Namun seiring berjalannya waktu, ada sebuah penlietian baru yang muncul. Bahwa urutan gejala Covid-19 ini muncul secara berurutan. Benarkah demikian? 

gejala covid 19

Gejala Covid-19, terdiri dari demam serta batuk. Gejala tersebut sangat mirip dengan sejumlah penyakit umum lainnya seperti flu musiman yang biasa terjadi. Jadi dengan memiliki gejala yang sama tersebut, bagaimana Anda bisa mendeteksi apakah itu demam flu atau demam akibat Covid-19? 

Urutan gejala Covid-19

Para peneliti dari University of Southern California (USC) telah menemukan kemungkinan urutan gejala Covid-19 pertama kali muncul. Jika Anda mengalami Covid-19 maka kemungkinan gejala-gejala yang muncul akan berurutan, seperti:

  1. Demam
  2. Batuk dan nyeri otot
  3. Mual, muntah, atau keduanya
  4. Diare

Penelitian tersebut pun muncul pada jurnal Frontiers in Public Health. Pandemi Covid-19 ini disebabkan oleh coronavirus (SARS-CoV-2), yaitu sindrom pernapasan akut yang parah, di mana memiliki dampak keseluruhan pada tubuh yang sangat dasyat. 

Seseorang yang terinfeksi COvid-19 sangat menular, menunjukkan tingkat dua hingga tiga kali lebih menular daripada influenza. Selain itu, karena wabah ini terjadi dalam kelompok, idetifikasi awal pengakit dapat mengurangi jumlah dan ukurannya. Namun, para ahli tidak dapat menentukan gejala awal secara akurat. 

Meningkatkan strategi pengobatan untuk pasien Covid-19

Dengan mengetahui gejala awal yang telah terpola tersebut, para peneliti dapat membantu pasien dengan segera dan mencari perawatan yang cocok ataupun memutuskan untuk mengisolasi mandiri saja. 

Selain itu, informasi tersebut pun dapat membantu para tim medis dalam mengidentifikasi pesien dengan penyakit tersebut, dan mengenyampingkan penyakit lain, dan merancang perawatan yang lebih tepat serta cepat. 

Waktu dan gejala berbeda untuk penderita Covid-19

Demam dan batuk sering kali dikaitkan dengan berbagai macam penyakti pernapasan, termasuk influenza, sindrom pernapasan akur parah atau severe acute respiratory syndrome (SARS), dan middle east respiratory syndrome (MERS). 

Untuk menentukan urutan munculnya gejala Covid-19, para peneliti mengevaluasi tingkat kejadian dari 55.924 kasus cirus corona yang terkonfirmasi di China dan dikumpulkan oleh WHO antara 16 Februari – 24 Februari 2020. 

Tidak hanya itu, para peneliti pun membandingkan urutan gejala Covid-19 dengan influenza, tim melihat kumpulan data influenza dari 2. 470 kasus yang dikonfirmasi dari sebagian besar pasien yang tidak divaksin di Eropa, Amerika Utara dan belahan bumi bagian selatan. 

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dari tiga penyekit yang diteliti disebabkan oleh virus corona-Covid-19, SARS, dan MERS, memiliki gejala yang paling awal mungkin adalah demam. Sebaliknya, influenza dimulai dengan batuk. 

Selain itu, meskipun gejala penyakit ini msaih tumpang tindih dengan Covid-19, namun yang membedakan virus corona adalah waktu dan gejala pada asaluran pencernaan bagian atas dan bawah. 

Maksudnya, pada Covid-19 gejala saluran bagian atau (mual dan muntah) akan lebih dahulu muncul daripada saluran bagian bawah, seperti diare. Sebaliknya pada SARS dan MERS. 

Urutan tersebut sangat penting untuk diketahui ketika kita memiliki siklus penyakit yang tumpang tindih seperti flu dan bertepatan dengan infeksi Covid-19. Dengan begitu, dokter pun dapat menentukan langkah apa yang harus diambil untuk merawat pasien, dan mereka dapat mencegah kondisi pasien lebih buruk. 

Jadi, urutan gejala Covid-19  menurut penelitian yang terbaru dimulai dengan demam, kemudian batuk dan nyeri otot, dan berkembang menjadi mual atau muntah bahkan bisa keduanya, dan diakhiri dengan diare. Jika Anda merasa demam tinggi di atas 37 derajat dan hal tersebut terjadi selama beberapa hari ada baiknya untuk mewaspadai hal ini. Segera kunjungi dokter untukmelakukan pemeriksaan lebih lanjut.  

Read More

Kombinasi Produk Obat untuk Obati Kaki Pecah-pecah

Perasaan tak nyaman pasti dirasakan banyak orang jika tumit kaki mengalami pecah-pecah, selain tak enak dipandang. Biasanya orang dengan kondisi tumit kaki yang pecah-pecah akan merasa perih ketika kaki menapak ke permukaan lantai atau sedang berjalan. Tentu sangat mengganggu dan salah satu cara mengatasi kondisi ini adalah menggunakan obat kaki pecah-pecah.

obat kaki pecah-pecah

Dalam mengatasi kondisi ini sebenarnya tidak sulit, yang dibutuhkan hanyalah sikap rajin, disiplin dan telaten dalam mengobatinya. Seperti misalnya ketika menggunakan obat oles, penderita harus mengoleskan obat tersebut secara teratur dan sesuai anjuran. Terlebih tumit memang menjadi salah satu bagian yang sering bersentuhan dengan lantai dan alas kaki.

Produk Obat Kaki Pecah-pecah

  1. Cracked Heels Kream dan Exfoliating Brush

Terdapat banyak jenis krim khusus yang digunakan untuk kulit tumit dan kaki yang kering, misalnya Kanna, Pandansari, Ellgy ata Dermafot. Beberapa produk yang juga sudah diformulasikan untukmengobati cracked heels atau tumit pecah-pecah.

Cara menggunakannya juga mudah untuk krim khusus cracked heels, oleskan krim kemudian diamkan selama berjam-jam. Setelah itu, sikat tumit yang sudah terasa lunak dengan menggunakan exfoliating brush atau loofah, bisa juga menggunakan batu kali dengan pinggiran tidak terlalu kasar.

  • Krim Multi Fungsi dan Kaus Kaki

Beberapa jenis krim multi-fungsi seperti Vaseline Petroleum Jelly, Nivea Creme, Viva Skin Food, Oriflame Tender Care dan Nature Republic Aloe Vera. Produk ini bisa difungsikan sebagai pelembap tumit yang pecah-pecah.

Cara yang harus dilakukan juga tidak sulit, cukup dengan oleskan krim atau pelembap tebal-tebal pada tumit yang bermasalah. Kemudian, gunakan kaus kaki yang tebal, setelah itu dalam keadaan seperti ini bisa digunakan untuk beraktivitas seharian dan biarkan krim menghaluskan kaki sampai esok hari.

  • Getah Pepaya dan Pelembap Ringan

Perlu diketahui jika getah pepaya merupakan salah satu pelembut kulit alami yang dipercaya ampuh oleh para orang tua. Karena diketahui terdapat enzim papain di dalamnya yang sangat bagus untuk mengangkat kulit mati dan melembapkannya.

Cara untuk mendapatkan manfaat daun pepaya terhadap pengobatan kaki pecah-pecah juga termasuk mudah. Ambil batang pepaya segar, patahkan dambil getah yang berwarna putih lalu dioleskan pada tumit pecah-pecah kaki.

Setelah itu diamkan selama setengah jam, kemudian bilas kaki dengan air dingin hingga bersih dan oleskan losion. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan getah pepaya terlalu lama karena jika demikian sangat berpotensi menyebabkan iritasi.

  • Nanas Parut, Gula Pasir dan Madu

Daging buah nanas adalah sumber dari enzim bromelain yang memiliki fungsi sama dengan getah pepaya. Namun tidak sendiri, daging buah nanas nantinya akan dikombinasikan dengan gula pasir dan madu, dua bahan yang kaya akan humektan.

Caranya pun terbilang mudah, yakni kupas kulit nanas dan singkirkan matanya lalu parut, campurkan satu sendok makan gula pasir dan satu sendok teh madu. Setelah itu oleskan tebal-tebal pada kulit tumit pecah-pecah, kemudian diamkan selama satu jam.

Jika sudah lewat setengah jam, gosok campuran yang tadi dengan gerakan melingkar hingga bersih dan yang terakhir adalah bilas menggunakan air dingin serta keringkan dengan menggunakan handuk.

  • Alpukat, Pisang dan Kantung Plastik

Obat kaki pecah-pecah kombinasi bahan selanjutnya adalah menggunakan alpukat, pisang dan kantung plastik. Caranya, iris setengah buah alpukat dan pisang, kemudian lembutkan hingga menyerupai pasta. Lalu, oleskan pasta alpukat dan pisang ke bagian tumit yang pecah-pecah.

Tak sampai disitu, bungkus kaki yang telah diolesi campuran bahan tadi menggunakan kantung plastik atau juga bisa plastic wrap. Diamkan selama 30 menit, jika sudah basuh hingga bersih dan keringkan dengan handuk.

Read More

Pahami Dulu Tentang Kojid Acid Sebelum Menggunakannya

Bagi Anda yang sudah pernah mendengar bahkan sudah pernah mencoba produk perawatan kecantikan dengan kandungan kojic acid, mungkin sudah tahu apa itu bahan tersebut, termasuk manfaatnya. Namun, jika Anda masih asing, mungkin perlu menggali banyak informasi sebelum menggunakannya.

kojic acid

Kojic acid merupakan sebuah bahan banyak manfaat yang berasal dari Jepang ini. Kojic acid kini telah menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan untuk memutihkan kulit. Tapi apa sih sebenarnya kojic acid itu? Yuk perhatikan ulasan berikut agar Anda paham tentang kojic acid yang akan Anda  gunakan.

  • Apa itu Kojic Acid?

Kojic acid merupakan bahan perawatan kulit yang sudah mulai digunakan secara tradisional sejak tahun 1989. Bahan alami ini berasal dari Jepang dan mulanya merupakan produk sampingan dari proses fermentasi sake maupun fermentasi beras.

Kojic acid ini berasal dari kombinasi berbagai jenis jamur yang dihasilkan dari proses fermentasi makanan, antara lain sake Jepang, kecap, dan anggur beras. Fungsi kojic acid sendiri yaitu untuk menghambat dan mencegah pembentukan tirosin dan asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin. Sementara melanin adalah pigmen yang berperan dalam penggelapan warna kulit. Karena itulah kojic acid memiliki fungsi mencerahkan kulit.

  • Bagaimana Cara Kerja Kojic Acid?

Senyawa kojic acid dikenal sebagai zat pencerah kulit karena kemampuannya menghambat kerja zat tironase yang berperan sebagai enzim pembuat melanin atau pigmen warna kulit. Dengan terhambatnya produksi pigmen melanin, warna kulit pun dapat menjadi lebih cerah. Masalah-masalah kulit seperti hiperpigmentasi, noda bekas jerawat, dan bintik-bintik hitam di wajah juga dapat memudar.

  • Zat yang Efektif Gigunakan Bersama Asam Kojic

Kojic acid umumnya ditemukan dalam produk kosmetik bersama-sama dengan bahan lain, bukan sebagai bahan tunggal. Hal ini dikarenakan senyawa asam kojic bersifat tidak stabil ketika digunakan dalam produk kosmetik. Jika tidak dipadukan dengan zat-zat tambahan lain, asam kojic berpotensi berubah warna menjadi cokelat.

Untuk produk kosmetik yang bertujuan mencerahkan warna kulit akibat hiperpigmentasi, biasanya krim berbahan asam kojic digunakan secara bersamaan dengan asam glikolat. Sedangkan untuk meringankan penggelapan kulit yang disebabkan oleh kondisi melasma, biasanya produk kosmetik akan memakai bahan asam kojic dan asam glikolat, ditambahkan dengan hydroquinone.

  • Seberapa Efektif Kojic Acid untuk Mencerahkan Kulit?

Berbeda dengan hidrokinon, kojic acid dapat mencerahkan kulit tanpa efek samping yang merugikan. Bahan ini dihasilkan dari beberapa jenis jamur dan digunakan dalam pembuatan sake di Jepang. Para wanita di negeri sakura sudah menggunakan bahan ini sebagai pemutih dalam kosmetik tradisionalnya.

Dosis yang dianjurkan relatif kecil, dengan konsentrasi maksimum sebesar 1 persen. Namun, untuk mengurangi kemungkinan efek samping, produk kosmetik pencerah kulit dapat menggunakan konsentrasi sekitar 0,2 persen. Efek kojic acid biasanya akan mulai terlihat setelah 2 sampai 6 minggu pemakaian. Kandungan bahan kojic acidbiasanya terdapat dalam produk-produk skincare berlabel mencerahkan seperti serum, pelembab, body lotion serta sabun kojic acid. Namun, hasilnya dapat muncul lebih cepat dan efektif apabila dikombinasikan bersama bahan lain, seperti glycolic acid.

***

Bagi Anda yang ingin menggunakan skincare atau bodycare yang memiliki kandungan kojic acid memang butuh konsultasi dari dokter. Perlu diingat pula bahwa kojic acid tidak mencerahkan lebih dari warna kulit secara genetik sejak lahir. Jadi, sifatnya hanya mengembalikan rona cerah kulitmu seperti sedia kala bukan menjadikannya lebih putih.

Read More

Sederhana dan Mudah, Ini Cara Membuat Sabun Herbal

Saat mandi, Anda tentu menggunakan sabun untuk menjaga kebersihan tubuh. Dibandingkan dengan membeli produk sabun yang telah jadi, Anda bisa membuat sabun sendiri untuk memastikan kualitas kandungan yang terdapat di dalamnya. Agar bisa melakukan hal tersebut, Anda perlu tahu cara membuat sabun herbal yang sederhana dan mudah.

sabun herbal

Sebenarnya, membuat sabun herbal bukanlah hal yang sulit. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang umumnya juga ditemukan pada produk-produk sabun. Pembuatannya pun tidak memerlukan proses yang sulit sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja di rumah.

Peralatan dan bahan untuk membuat sabun herbal

Sebagai langkah awal, Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan alat yang diperlukan untuk membuat sabun herbal. Peralatan tersebut biasanya terdiri atas:

  • Slow cooker
  • Cetakan roti berbahan silikon
  • Pemotong sabun
  • Spatula berbahan silikon
  • Wadah plastik, kaca, atau stainless steel
  • Timbangan dapur digital
  • Blender tangan

Secara garis besar, peralatan yang dibutuhkan hampir serupa dengan peralatan dasar untuk keperluan dapur. Selain itu, Anda juga perlu mengenali jenis-jenis bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara membuat sabun herbal, yaitu:

  • Daun mint
  • Kelopak bunga lavender
  • Kelopak bunga mawar
  • Serai
  • Rosemary
  • Daun jelatang
  • Cengkeh
  • Kelopak bunga melati
  • Daun lemon balm
  • Chamomile

Cara membuat sabun herbal sendiri di rumah

Setelah mengetahui alat-alat dan bahan yang diperlukan, kini saatnya memulai proses pembuatan sabun. Terdapat dua metode yang bisa digunakan untuk membuat sabun, yaitu:

  • Proses panas (hot process)

Proses ini memerlukan suhu panas eksternal untuk mempercepat proses bahan berubah menjadi sabun. Dengan bantuan panas, minyak atau lemak pada bahan-bahan akan tercampur dengan larutan alkali, memungkinkan sabun terbentuk dan bisa langsung digunakan keesokan harinya.

  • Proses dingin (cold process)

Proses dingin memanfaatkan suhu panas internal yang biasanya terbentuk dengan sendirinya dalam proses pembentukan sabun. Biasanya, batang sabun akan mengeras dengan sendirinya setelah 4-6 minggu.

Sebagian besar orang memilih menggunakan proses panas agar bisa membuat sabun dalam waktu yang cepat. Oleh sebab itu, berikut ini instruksi cara membuat sabun herbal dengan metode proses panas.

Untuk memulai proses panas, Anda akan memerlukan:

  • 250 ml air suling
  • 300 ml minyak zaitun
  • 600 ml minyal kelapa
  • Essential oil
  • Tanaman atau kelopak bunga yang telah dikeringkan
  • 150 ml lye atau cairan hidroksida logam
  • Pewarna (jika diinginkan)

Setelah mempersiapkan bahan-bahan, berikut ini cara membuat sabun herbal dengan proses panas:

  1. Aduk perlahan alkali atau cairan lye ke dalam gelas atau mangkuk plastik berisi air. Ingat, tuangkan alkali ke dalam air, jangan air ke dalam alkali. Aduk terus sampai butiran kristal pada alkali larut dalam air.
  2. Panaskan minyak kelapa dengan menggunakan panci, panaskan dengan api sedang sampai meleleh. Langkah ini bisa dilakukan bersamaan dengan mengaduk alkali sambil menunggu alkali larut.
  3. Setelah larut, tuangkan cairan alkali dan minyak ke dalam blender secara perlahan agar tidak muncul cipratan. Nyalakan blender dengan mode paling kecil, lalu aduk perlahan dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 10-15 menit.
  4. Capmuran cairan alkali dan minyak akan menjadi lebih kental. Pada tahap ini, sabun sduah lembut dan bertekstur sepeti puding. Segera tambahkan essential oil dan kelopak bunga yang Anda inginkan. Aduh sampai semuanya terlarut dengan sempurna.
  5. Tuangkan campuran secara hati-hati ke dalam cetakan yang telah disiapkan.

Langkah akhir cara membuat sabun herbal adalah dengan mendiamkan adonan dalam cetakan selama 24 jam. Setelah itu, keluarkan sabun dari cetakan secara perlahan agar tidak patah.

Read More

Manfaat Pisang untuk Merawat Kesehatan Rambut

Tidak hanya lezat untuk disantap, manfaat pisang juga memiliki khasiat untuk menyehatkan rambut yang mungkin tidak pernah Anda sangka sebelumnya. manfaat pisang untuk rambut dapat berasal dari beberapa kandungan kuncinya, seperti silika dan zat-zat antioksidan. Berikut pembahasannya serta intip cara membuat masker pisang untuk rambut.

Manfaat pisang untuk rambut

  • Membuat rambut lebih mudah diatur

Pisang mengandung zat yang disebut silika. Zat ini dapat diserap oleh tubuh utnuk memproduksi kolagen, protein yang turun Menyusun rambut agar sehat. Kandungan silika dalam pisang tersebut dapat dikaitkan untuk kesehatan rambut agar helaiannya lebih mudah diatur dan tidak kusut. Selain itu, zat yang dekat berhubungan dengan silika, yakni silicon, juga sering dicampurkan ke dalam produk perawatan rambut seperti kondisioner.

  • Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat pisang untuk rambut lainnya yaitu berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut. Pasalnya, buah pisang mengandung zat antioksidan yang dapat membantu menguatkan rambut dan kulit kepala. Antioksidan pun tentu akan mengendalikan stres oksidatif akibat paparan radikal bebas. Stres oksidatif ini lah yang menjadi penyebab utama dari rambut yang rampuh dan terlihat tua. Jika Anda sering mengaplikasikan masker pisang untuk rambut, folikel rambut diyakini akan lebih kuah dan tubuh lebih panjang.

  • Mengatasi ketombe

Ketombe pada rambut bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti kulit kepala yang iritasi, kering, hingga gangguan bakteri dan jamur. Buah pisang memiliki zat-zat antioksidan dan nutrisi yang bersifat antibakteri yang kemudian dikaitkan dengan kemampuannya untuk mengatasi ketombe. Dengan mengaplikasikan masker pisang ke kulit kepala, diyakini mampu menambah kelembapan pada area tersebut sehingga dapat mengatasi kondisi kulit kepala yang kering. Sifat antibakteri pada pisang juga diyakini mampu menghadang mikroba yang memicu timbulnya ketombe.

Tips membuat masker pisang untuk rambut

Manfaat pisang untuk rambut di atas dapat Anda coba dengan membuatnya menjadi masker rambut. Resep masker untuk rambut pun tidak sulit dan bisa Anda lakukan di rumah hanya dengan menggunakan bahan yang sudah ada di dapur Anda.

Cara membuat masker pisang madu

Pisang dan madu menjadi pasangan kombo untuk merawat kesehatan rambut Anda. Madu juga kaya akan antioksidan yang dapat mengondisikan kulit kepala, serta kelembapan kulit kepala yang kering dan teriritasi. Berikut langkah-langkah membuat masker pisang dan madu untuk rambut:

  • Siapkan ½ hingga 1 sdm madu, tergantung panjang rambut. Madu manuka merupakan pilihan terbaik, walau madu lain juga bisa digunakan. Anda juga akan membutuhkan 1-2 buah pisang matang.
  • Tumbuk atau blender pisang menjadi bubur, kemudian campurkan madu untuk diaduk dijadikan masker
  • Aplikasikan masker pisang dan madu ke rambut. Berikan perhatian khusus pada kulit kepala dan bagian akar rambut.
  • Diamkan selama 10–15 menit
  • Bilas rambut dengan air hangat (bukan panas) dan lanjutkan dengan menggunakan kondisioner rambut.

Manfaat masker pisang untuk rambut tentu menarik dicoba di rumah. Hanya saja, penting untuk diingat bahwa beberapa orang berisiko mengalami alergi pisang atau alergi karet lateks buah. Apabila Anda memiliki riwayat alergi lateks buah, Anda harus menghindari aplikasi topikal buah pisang, termasuk pada rambut

Read More

Manfaat Daun Cengkeh dalam Bentuk Minyak Esensial

Manfaat Daun Cengkeh Ini Tak Kalah dari Bunganya

Minyak cengkeh merupakan minyak esensial yang dibuat dari pohon cengkeh. Pohon cengkeh, juga dikenal dengan nama Syzygium aromaticum, merupakan tanaman asli Asia Tenggara, meskipun saat ini tanaman ini dapat tumbuh di daerah-daerah lain. Manfaat daun cengkeh, batang pohon, dan bunganya sudah dikenal beratus-ratus tahun. Minyak cengkeh diproduksi dengan menyuling kuncup bunga yang dikeringkan, batang, dan daun cengkeh. Minyak cengkeh memiliki aroma yang kuat dan berwarna bening ataupun kuning, dan telah digunakan selama ratusan laun untuk berbagai macam penggunaan.

Apa saja manfaat minyak esensial cengkeh?

Seperti namanya, minyak cengkeh memiliki segala manfaat daun cengkeh, batang, dan kuncup bunganya. Secara tradisional, minyak cengkeh digunakan untuk membantu membunuh bakteri berkat sifat antibakterinya, meringankan rasa sakit untuk kondisi-kondisi kesehatan seperti sakit gigi dan sakit otot, meredakan gangguan pencernaan, dan meringankan gejala kondisi pernapasan seperti batuk dan asma. Meskipun ada banyak senyawa kimia yang ada dalam minyak cengkih, eugenol adalah komponen utama di dalam minyak esensial tersebut. Sama halnya dengan minyak esensial lain, para peneliti berusaha untuk mengevaluasi potensi manfaat kesehatan minyak cengkeh dan komponen di dalamnya, seperti:

  • Aktivitas antibakteri

Dalam sebuah penelitian dari tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa minyak cengkih memiliki kemampuan dalam membunuh sel-sel bakteri staph dalam kultur cairan dan biofilm. Biofilm adalah sekumpulan bakteri yang hidup bersama-sama, terlindungi oleh lapisan berlendir dan protektif. Kebanyakan antibiotik tidak efektif dalam menembus lapisan biofilm dan membunuh bakteri staph. Akan tetapi, menurut penelitian tersebut, minyak cengkih dapat melakukan hal tersebut. 

Selain itu, pada sebuah studi pada tahun 2017 menunjukkan aktivitas antijamur dalam beberapa jenis minyak esensial. Dari minyak yang diuji, minyak cengkih dianggap paling efektif dalam menghentikan pertumbuhan jamur. 

Sementara itu, pada studi tahun 2005, peneliti menginvestigasi efek eugenol, komponen utama dalam minyak cengkih, pada jamur Candida albicans. Jamur ini dapat menyebabkan infeksi jamur seperti kaki atlet dan infeksi jamur vagina. Menurut penulis studi, eugenol memiliki kemampuan untuk membunuh jamur, baik dalam model kultur ataupun tikus. Studi tahun 2018 juga melihat efek minyak esensial pada beragam bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan, seperti pneumonia dan influenza. Meskipun efek yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan dengan antibiotik yang diuji, minyak cengkih memiliki aktivitas antibakteri ketika ditambahkan ke kultur cairan ataupun dijadikan sebagai uap. 

  • Penggunaan untuk gigi

Pada tahun 2012, peneliti menginvestigasi efek minyak cengkih terhadap erosi gigi akibat minuman asam seperti jus buah apel. Erosi gigi dapat menyebabkan gigi berlubang apabila dibiarkan. Menurut penelitian tersebut, minyak cengkih dan molekul-molekul di dalamnya efektif dalam mencegah erosi gigi, membuat peneliti percaya bahwa minyak cengkih bekerja dengan cara yang sama dengan fluoride dalam mencegah gigi berlubang. 

Sementara itu, pada studi tahun 2016, 10 produk tanaman alami diuji untuk melihat seberapa efektif produk-produk tersebut dalam melawan organisme yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Minyak cengkih merupakan produk paling efektif dalam menghambat organisme yang dapat menyebabkan gigi berlubang. 

Minyak cengkih mengandung segala manfaat daun cengkeh, kuncup bunga, dan pohon cengkih. Secara tradisional, minyak cengkih digunakan untuk mengatasi sakit perut dan membantu mengobati kondisi pernapasan. Penelitian menemukan bahwa minyak cengkih memiliki manfaat untuk gigi dan penggunaan topikal, mengobati infeksi, hingga melawan penyakit kanker yang berbahaya.

Read More

Mengenal Penyebab Jantung Bengkak dan Cara Mencegahnya

Jantung bengkak merupakan kondisi saat ukuran jantung membesar melebihi ukuran normal. Kondisi ini terjadi sebagai gejala dari berbagai jenis penyakit yang mendorong jantung untuk bekerja dengan lebih keras, seperti tekanan darah tinggi, gangguan katup jantung, dan lain sebagainya.

jantung bengkak

Saat jantung membesar, jantung kehilangan kemampuannya untuk memompa darah secara efisien. Akibatnya, penderita lebih mungkin untuk mengalami komplikasi seperti stroke dan gagal jantung.

Kondisi yang menyebabkan jantung bengkak

Seringkali, jantung bengkak tidak disadari oleh penderita karena tidak menimbulkan gejala tertentu. Bagi sebagian orang, kondisi ini juga bisa membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Salah satu faktor yang menyebabkan pembesaran jantung adalah upaya jantung untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Meski begitu, dalam beberapa kasus, kondisi ini juga bisa saja terjadi tanpa sebab yang jelas.

Secara umum, beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan pembengkakan pada jantung antara lain:

  • Tekanan darah tinggi

Saat Anda menderita tekanan darah tinggi, jantung dipaksa untuk bekerja dengan lebih keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Lama-kelamaan, hal ini akan membuat jantung menjadi membesar serta adanya penebalan pada otot-otot jantung.

Secara khusus, tekanan darah tinggi akan membuat ventrikel kiri dan bilik atas jantung membengkak.

  • Anemia

Anemia merupakan kondisi kurangnya sel darah merah untuk untuk membawa oksigen yang cukup jaringan dalam tubuh. Apabila tidak diatasi, anemia dapat membuat detak jantung menjadi lebih cepat dan tidak teratur. Hal ini akan mendorong jantung memompa darah dengan lebih keras dan menyebabkan jantung bengkak.

  • Gangguan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon untuk mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme. Gangguan pada kelenjar tiroid bisa terjadi dalam dua jenis, yaitu produksi hormon tiroid berlebih (hipertiroidisme) atau kurangnya produksi hormon tiroid (hipotiroidisme).

Baik hipertiroidisme maupun hipotiroidisme sama-sama bisa menimbulkan berbagai gejala dalam tubuh, termasuk mempengaruhi kondisi detak jantung, tekanan darah, serta pembesaran ukuran jantung.

  • Gangguan katup jantung

Gangguan katup jantung terjadi saat katup yang berfungsi sebagai pintu pada jantung mengalami kerusakan. Hal ini bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah dari jantung ke bagian tubuh lainnya. Jantung pun terpaksa untuk memompa darah dengan lebih keras dan meningkatkan resiko jantung bengkak.

Selain penyakit yang disebutkan di atas, masih ada beberapa kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan pembengkakan pada jantung. Di antara berbagai kondisi yang ada, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi menjadi faktor yang paling sering terjadi.

Cara mencegah kondisi jantung bengkak

Apabila pembesaran jantung dialami sejak lahir, kondisi ini mungkin akan sulit untuk dihindari. Akan tetapi, ada beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk menurunkan resiko jantung bengkak di kemudian hari.

Beberapa upaya mencegah pembesaran jantung meliputi:

  • Mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, susu rendah lemak, dan biji-bijian
  • Mengurangi konsumsi garam dan lemak jenuh
  • Menghindari tembakau dan alkohol
  • Melakukan olahraga secara rutin, bisa dengan berlatih aerobik ataupun melatih kekuatan otot
  • Melakukan pemeriksaan kolesterol dan tekanan darah secara rutin

Pada penderita tekanan darah tinggi, pencegahan bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan secara teratur dan mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu, lakukanlah lebih banyak kegiatan yang mendorong tubuh untuk tetap aktif secara fisik serta melakukan diet sehat. Beberapa masalah jantung bengkak mungkin saja bersifat permanen, namun gejalanya dapat diringankan dengan melakukan upaya pencegahan agar tidak memburuk. Pada kondisi jantung bengkak ringan, gejala mungkin akan sulit untuk dideteksi.

Read More

Mata Buram Tiba-Tiba Setelah Tidur, Apa Penyebabnya?

Tidur adalah aktivitas penting dalam keseharian manusia. Pasalnya dengan tidur, tubuh seorang manusia, juga sebagian besar makhluk hidup lain, bisa mendapat berbagai manfaat kesehatan. Namun, pernahkah Anda justru mengalami masalah kesehatan, seperti mata buram misalnya, setelah bangun tidur?

Jika, ya, bisa jadi ada yang salah dalam tidur Anda. Hal ini sering terjadi lantaran aktivitas tidur berkaitan erat dengan mata. Tidur identik dengan mata yang terpejam, menandakan bahwa organ penglihatan itu tengah beristirahat, sama dengan organ-organ lain di dalam tubuh.

Kemungkinan penyakit muncul saat tidur atau setelah bangun tidur dimungkinkan karena pada saat itu, tubuh seseorang yang tidur tidak aktif sepenuhnya. Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan.

Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Karena kesadaran dan/atau organ-organ tidak aktif, ada kemungkinan tubuh “kecolongan” sehingga timbullah masalah kesehatan, termasuk mata buram. Adapun beberapa kemungkinan mengapa seseorang dapat mengalami mata buram setelah tidur adalah:

  • Tidur dengan Posisi Tengkurap

Posisi tidur tengkurap bisa menyebabkan kondisi yang dikenal dengan floppy eyelid syndrome (FES). Kondisi tersebut memungkinkan kelopak mata bagian atas kehilangan elastisitas. Hal ini bisa memicu penglihatan menjadi kabur setelah bangun dari tidur, hingga merobek dan membakar mata. Sindrom FES ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada pria berbadan gemuk.

  • Mata Mengalami Alergi

Mata adalah selaput lendir yang rentan terserang sesuatu. Alergi yang terjadi di mata dapat menyebabkan mata gatal, bengkak, berair, kering hingga menyebabkan penglihatan kabur lantaran mata buram.

Alergi tersebut bisa terjadi karena beberapa penyebab, seperti tungau, debu, bulu hewan yang ada di kamar, atau mungkin memiliki alergi terhadap detergen yang digunakan untuk mencuci alas tidur.

  • Tersorot Kipas Angin Secara Langsung

Tidur dengan kipas angina, bagi sebagian orang memang amat nyaman. Namun, ternyata aktivitas ini bisa menyebabkan kulit dan mata menjadi kering. Hal ini bisa memicu pengelihatan gatal hingga buram.

  • Tidak Mencopot Lensa Kontak Sebelum Tidur

Tidur dengan menggunakan lensa kontak dapat mengurangi suplai oksigen ke mata yang akhirnya menyebabkan mata kering, hingga mata buram saat bangun tidur. Selalu pastikan untuk melepas lensa kontak sebelum tidur untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi, seperti kebutaan.

  • Konsumsi Obat

Obat-obatan tertentu, seperti antihistamin, obat tidur, obat flu, dan obat tekanan darah memiliki kemungkinan untuk memengaruhi produksi air mata. Jika obat-obat tersebut diminum sebelum tidur, kans mata menjadi kering atau mata buram setelah bangun begitu besar.

  • Pengaruh Gula Darah

Masalah gula darah yang terlalu tinggi ataupun rendah juga bisa menyebabkan keburaman saat bangun tidur di pagi hari. Namun, untuk penyebab yang satu ini biasanya diiringi dengan gejala lainnya seperti pusing atau badan lesu.

  • Air Mata kering

Fungsi air mata adalah melumasi, memberi nutrisi, dan melindungi mata. Tanpa kita sadari, mata selalu mengeluarkan air mata saat tidur. Tapi, terkadang ada kondisi yang membuat air mata mongering sehingga menyebabkan penglihatan kabur setelah seseorang bangun dari tidurnya.

Untuk mengatasi mata buram yang disebabkan oleh keringnya air mata, cobalah berkedip beberapa kali sesaat setelah bangun tidur untuk memulihkan kornea mata dari penglihatan yang kabur.

***

Jika Anda merasa terganggu dengan mata buram setiap bangun dari tidur, coba perhatikan cara tidur Anda. Siapa tahu, selama ini beberapa hal di atas selalu Anda lakukan sehingga penghilatan selalu kabur setiap bangun tidur.

Namun, jika tidak juga diketahui penyebab mata buram Anda setelah bangun tidur, segeralah datangi fasilias atau tenaga medis terdekat untuk memastikan kondisi mata Anda. Jangan sampai Anda terlambat dalam melakukan upaya-upaya pencegahan jika pangkal masalahnya adalah suatu kondisi yang darurat.

Read More

Cara Mengatasi Gummy Smile

Memiliki gigi dan gusi yang indah dan senyum yang menawarn merupakan idaman bagi semua orang. Senyuman sempurna biasa diiringi dengan gigi putih bersih serta garis bibir yang simetris sehingga kedua garis gigi atau bawah terlihat sama. Namun, tidak semua orang memiliki garis gigi dan gusi yang semurna. Salah satunya ialah orang yang memiliki gummy smile.

Apa itu gummy smile? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini akan dijelaskan dengan singkat dan jelas.

Pengertian gummy smile

Gummy smile ialah kondisi abnormal karena garis gusi tidak merata atau jatuh terlalu jauh di bawah garis bibir. hal itu bisa membuat gigi terlihat kecil dan rasa tidak nyaman ketika tersenyum. Jadi ketika tersenyum, yang terlihat bukanlah gigi yang rata dan indah, namun daging gusi atas, tentunya terlihat aneh di mana gusi bagian atas seharusnya tertutup dengan bibir atas ketika tersenyum sehingga kadang ada yang melakukan tahapan pemasangan behel gigi untuk mengatasinya.

Idealnya, gusi seharusnya tampak rata dan lembut serta berfungsi sempurna sebagai bingkai untuk melengkapi senyuman seseorang, bukan sebagai gangguan, kebanyakan pasien tidak menyukai hal ini karena merusak senyum mereka padahal telah memiliki penampilan dengan polesan yang matang. Gusi memiliki kondisi yang lebih panjang dari gigi, sehingga dimensi senyum menjadi tidak aktif. Hal itu bukan karena kebiasaan buruk penyebab gigi berubah posisi.

OIdealnya, gusi seharusnya tampak rata dan lembut serta berfungsi sempurna sebagai bingkai untuk melengkapi senyuman seseorang, bukan sebagai gangguan, kebanyakan pasien tidak menyukai hal ini karena merusak senyum mereka padahal telah memiliki penampilan dengan polesan yang matang. Gusi memiliki kondisi yang lebih panjang dari gigi, sehingga dimensi senyum menjadi tidak aktif. Hal itu bukan karena kebiasaan buruk penyebab gigi berubah posisi.

Penyebab

Secara alami, mata berada di bagian tengah antara kepala bagian atas dan dagu dan sudut mata berada di garis lurus dengan pusat mata, sifat standart untuk bentuk kepala manusia dapat memberikan penciptaan fiur wajah dan menemukan orientasinya, sehingga wajah seseorang terlihat lebih menarik dan proporsional.

Hal ini merupakan sifat alami dimana hal itu seharusnya juga terjadi pada bibir dan senyuman sesseorang, namun, apa saja yang menyebabkan gusi lebih panjang dari gigi sehingga membuat senyuman terlihat tidak proporsional? Berikut berbagai penyebabnya.

  • Bibir atas pendek.
  • Bibir bergerak terlalu banyak (hypermobile).
  • Kelebihan maxilary vertikal atau tulang yang tidak seimbang.
  • Overbite berlebihan.
  • Tonus otot bibir terlalu besar, yakni pengikat antara bibir bagian dalam dan gusi.
  • Bibir terlalu lebar atau besar sehingga mengekspos gusi secara berlebihan.
  • Pertumbuhan aktif yang berubah yakni bila gigi tidak tumbuh melalui tulang.
  • Pertumbuhan pasif yang berubah, yaitu gusi tidak surut saat orang tersebut beranjak dewasa.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan adanya gummy smile. Memang segala penyebabnya terjadi karena hal hal alami atau karena bawaan dari dalam tubuh, namun seiring dengan majunya teknologi, segala sesuatu yang tidak sempurna tersebut dapat diperbaiki untuk mencapai bentuk fisik yang lebih baik sehingga juga memudahkan berbagai aktifitas harian sebagaimana ketika memiliki bentuk gigi dan mulut yang sehat tentunya akan memudahkan proses mengunyah makanan, berbicara, dsb.

Cara mengatasi gummy smile

Gummy smile dapat diatasi dan diperbaiki dengan menggunakan prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi, menurut penelitian, memang ada beberapa orang yang lahir dengan jaringan gusi berlebihan sehingga berpengaruh saat tersenyum, namun dengan majunya teknologi semua dapat diperbaiki dengan menggunakan prosedur berikut.

  • Perawatan Ortodontik, yakni dapat membantu menghilangkan gangguan pada gigi dengan cara menempatkan gigi pada posisi yang benar sehingga gummy smile dapat dihilangkan.
  • Operasi Periodontal, dilakukan untuk menghilangkan jaringan gusi yang berlebih, terutama jika pasien memiliki bentuk gigi yang lebih pendek.
  • Operasi Orthognathic, yakni untuk membantu menggerakkan maxilla atau tulang rahang ke dalam posisi yang benar sehingga bentuk gigi dan mulut menjadi lebih proporsional.
  • Botox, ialah metode non tradisional yang mengoreksi dan menyembuhkan pasien gummy smile dengan penyebab bibir yang terlalu aktif atau hipermobile, dilakukan dengan cara melakukan suntikan untuk perbaikan sementara.
  • Operasi pelepasan reposisi, ialah tindakan memperkuat otot yang mengangkat bibir atas, dilakukan untuk pasien yang memiliki bibir atas yang pendek.

Dalam mengatasi gummy smile pasien tidak bisa memilih terapi sendiri, melainkan akan ditentukan oleh dokter gigi sesuai pemeriksaan yang dilakukan berdasarkan penyebab dari gummy smile tersebut.

Read More