Manfaat Daun Cengkeh dalam Bentuk Minyak Esensial

Manfaat Daun Cengkeh Ini Tak Kalah dari Bunganya

Minyak cengkeh merupakan minyak esensial yang dibuat dari pohon cengkeh. Pohon cengkeh, juga dikenal dengan nama Syzygium aromaticum, merupakan tanaman asli Asia Tenggara, meskipun saat ini tanaman ini dapat tumbuh di daerah-daerah lain. Manfaat daun cengkeh, batang pohon, dan bunganya sudah dikenal beratus-ratus tahun. Minyak cengkeh diproduksi dengan menyuling kuncup bunga yang dikeringkan, batang, dan daun cengkeh. Minyak cengkeh memiliki aroma yang kuat dan berwarna bening ataupun kuning, dan telah digunakan selama ratusan laun untuk berbagai macam penggunaan.

Apa saja manfaat minyak esensial cengkeh?

Seperti namanya, minyak cengkeh memiliki segala manfaat daun cengkeh, batang, dan kuncup bunganya. Secara tradisional, minyak cengkeh digunakan untuk membantu membunuh bakteri berkat sifat antibakterinya, meringankan rasa sakit untuk kondisi-kondisi kesehatan seperti sakit gigi dan sakit otot, meredakan gangguan pencernaan, dan meringankan gejala kondisi pernapasan seperti batuk dan asma. Meskipun ada banyak senyawa kimia yang ada dalam minyak cengkih, eugenol adalah komponen utama di dalam minyak esensial tersebut. Sama halnya dengan minyak esensial lain, para peneliti berusaha untuk mengevaluasi potensi manfaat kesehatan minyak cengkeh dan komponen di dalamnya, seperti:

  • Aktivitas antibakteri

Dalam sebuah penelitian dari tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa minyak cengkih memiliki kemampuan dalam membunuh sel-sel bakteri staph dalam kultur cairan dan biofilm. Biofilm adalah sekumpulan bakteri yang hidup bersama-sama, terlindungi oleh lapisan berlendir dan protektif. Kebanyakan antibiotik tidak efektif dalam menembus lapisan biofilm dan membunuh bakteri staph. Akan tetapi, menurut penelitian tersebut, minyak cengkih dapat melakukan hal tersebut. 

Selain itu, pada sebuah studi pada tahun 2017 menunjukkan aktivitas antijamur dalam beberapa jenis minyak esensial. Dari minyak yang diuji, minyak cengkih dianggap paling efektif dalam menghentikan pertumbuhan jamur. 

Sementara itu, pada studi tahun 2005, peneliti menginvestigasi efek eugenol, komponen utama dalam minyak cengkih, pada jamur Candida albicans. Jamur ini dapat menyebabkan infeksi jamur seperti kaki atlet dan infeksi jamur vagina. Menurut penulis studi, eugenol memiliki kemampuan untuk membunuh jamur, baik dalam model kultur ataupun tikus. Studi tahun 2018 juga melihat efek minyak esensial pada beragam bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan, seperti pneumonia dan influenza. Meskipun efek yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan dengan antibiotik yang diuji, minyak cengkih memiliki aktivitas antibakteri ketika ditambahkan ke kultur cairan ataupun dijadikan sebagai uap. 

  • Penggunaan untuk gigi

Pada tahun 2012, peneliti menginvestigasi efek minyak cengkih terhadap erosi gigi akibat minuman asam seperti jus buah apel. Erosi gigi dapat menyebabkan gigi berlubang apabila dibiarkan. Menurut penelitian tersebut, minyak cengkih dan molekul-molekul di dalamnya efektif dalam mencegah erosi gigi, membuat peneliti percaya bahwa minyak cengkih bekerja dengan cara yang sama dengan fluoride dalam mencegah gigi berlubang. 

Sementara itu, pada studi tahun 2016, 10 produk tanaman alami diuji untuk melihat seberapa efektif produk-produk tersebut dalam melawan organisme yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Minyak cengkih merupakan produk paling efektif dalam menghambat organisme yang dapat menyebabkan gigi berlubang. 

Minyak cengkih mengandung segala manfaat daun cengkeh, kuncup bunga, dan pohon cengkih. Secara tradisional, minyak cengkih digunakan untuk mengatasi sakit perut dan membantu mengobati kondisi pernapasan. Penelitian menemukan bahwa minyak cengkih memiliki manfaat untuk gigi dan penggunaan topikal, mengobati infeksi, hingga melawan penyakit kanker yang berbahaya.

Read More

Mengenal Penyebab Jantung Bengkak dan Cara Mencegahnya

Jantung bengkak merupakan kondisi saat ukuran jantung membesar melebihi ukuran normal. Kondisi ini terjadi sebagai gejala dari berbagai jenis penyakit yang mendorong jantung untuk bekerja dengan lebih keras, seperti tekanan darah tinggi, gangguan katup jantung, dan lain sebagainya.

jantung bengkak

Saat jantung membesar, jantung kehilangan kemampuannya untuk memompa darah secara efisien. Akibatnya, penderita lebih mungkin untuk mengalami komplikasi seperti stroke dan gagal jantung.

Kondisi yang menyebabkan jantung bengkak

Seringkali, jantung bengkak tidak disadari oleh penderita karena tidak menimbulkan gejala tertentu. Bagi sebagian orang, kondisi ini juga bisa membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Salah satu faktor yang menyebabkan pembesaran jantung adalah upaya jantung untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Meski begitu, dalam beberapa kasus, kondisi ini juga bisa saja terjadi tanpa sebab yang jelas.

Secara umum, beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan pembengkakan pada jantung antara lain:

  • Tekanan darah tinggi

Saat Anda menderita tekanan darah tinggi, jantung dipaksa untuk bekerja dengan lebih keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Lama-kelamaan, hal ini akan membuat jantung menjadi membesar serta adanya penebalan pada otot-otot jantung.

Secara khusus, tekanan darah tinggi akan membuat ventrikel kiri dan bilik atas jantung membengkak.

  • Anemia

Anemia merupakan kondisi kurangnya sel darah merah untuk untuk membawa oksigen yang cukup jaringan dalam tubuh. Apabila tidak diatasi, anemia dapat membuat detak jantung menjadi lebih cepat dan tidak teratur. Hal ini akan mendorong jantung memompa darah dengan lebih keras dan menyebabkan jantung bengkak.

  • Gangguan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon untuk mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme. Gangguan pada kelenjar tiroid bisa terjadi dalam dua jenis, yaitu produksi hormon tiroid berlebih (hipertiroidisme) atau kurangnya produksi hormon tiroid (hipotiroidisme).

Baik hipertiroidisme maupun hipotiroidisme sama-sama bisa menimbulkan berbagai gejala dalam tubuh, termasuk mempengaruhi kondisi detak jantung, tekanan darah, serta pembesaran ukuran jantung.

  • Gangguan katup jantung

Gangguan katup jantung terjadi saat katup yang berfungsi sebagai pintu pada jantung mengalami kerusakan. Hal ini bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah dari jantung ke bagian tubuh lainnya. Jantung pun terpaksa untuk memompa darah dengan lebih keras dan meningkatkan resiko jantung bengkak.

Selain penyakit yang disebutkan di atas, masih ada beberapa kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan pembengkakan pada jantung. Di antara berbagai kondisi yang ada, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi menjadi faktor yang paling sering terjadi.

Cara mencegah kondisi jantung bengkak

Apabila pembesaran jantung dialami sejak lahir, kondisi ini mungkin akan sulit untuk dihindari. Akan tetapi, ada beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk menurunkan resiko jantung bengkak di kemudian hari.

Beberapa upaya mencegah pembesaran jantung meliputi:

  • Mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, susu rendah lemak, dan biji-bijian
  • Mengurangi konsumsi garam dan lemak jenuh
  • Menghindari tembakau dan alkohol
  • Melakukan olahraga secara rutin, bisa dengan berlatih aerobik ataupun melatih kekuatan otot
  • Melakukan pemeriksaan kolesterol dan tekanan darah secara rutin

Pada penderita tekanan darah tinggi, pencegahan bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan secara teratur dan mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu, lakukanlah lebih banyak kegiatan yang mendorong tubuh untuk tetap aktif secara fisik serta melakukan diet sehat. Beberapa masalah jantung bengkak mungkin saja bersifat permanen, namun gejalanya dapat diringankan dengan melakukan upaya pencegahan agar tidak memburuk. Pada kondisi jantung bengkak ringan, gejala mungkin akan sulit untuk dideteksi.

Read More

Mata Buram Tiba-Tiba Setelah Tidur, Apa Penyebabnya?

Tidur adalah aktivitas penting dalam keseharian manusia. Pasalnya dengan tidur, tubuh seorang manusia, juga sebagian besar makhluk hidup lain, bisa mendapat berbagai manfaat kesehatan. Namun, pernahkah Anda justru mengalami masalah kesehatan, seperti mata buram misalnya, setelah bangun tidur?

Jika, ya, bisa jadi ada yang salah dalam tidur Anda. Hal ini sering terjadi lantaran aktivitas tidur berkaitan erat dengan mata. Tidur identik dengan mata yang terpejam, menandakan bahwa organ penglihatan itu tengah beristirahat, sama dengan organ-organ lain di dalam tubuh.

Kemungkinan penyakit muncul saat tidur atau setelah bangun tidur dimungkinkan karena pada saat itu, tubuh seseorang yang tidur tidak aktif sepenuhnya. Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan.

Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Karena kesadaran dan/atau organ-organ tidak aktif, ada kemungkinan tubuh “kecolongan” sehingga timbullah masalah kesehatan, termasuk mata buram. Adapun beberapa kemungkinan mengapa seseorang dapat mengalami mata buram setelah tidur adalah:

  • Tidur dengan Posisi Tengkurap

Posisi tidur tengkurap bisa menyebabkan kondisi yang dikenal dengan floppy eyelid syndrome (FES). Kondisi tersebut memungkinkan kelopak mata bagian atas kehilangan elastisitas. Hal ini bisa memicu penglihatan menjadi kabur setelah bangun dari tidur, hingga merobek dan membakar mata. Sindrom FES ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada pria berbadan gemuk.

  • Mata Mengalami Alergi

Mata adalah selaput lendir yang rentan terserang sesuatu. Alergi yang terjadi di mata dapat menyebabkan mata gatal, bengkak, berair, kering hingga menyebabkan penglihatan kabur lantaran mata buram.

Alergi tersebut bisa terjadi karena beberapa penyebab, seperti tungau, debu, bulu hewan yang ada di kamar, atau mungkin memiliki alergi terhadap detergen yang digunakan untuk mencuci alas tidur.

  • Tersorot Kipas Angin Secara Langsung

Tidur dengan kipas angina, bagi sebagian orang memang amat nyaman. Namun, ternyata aktivitas ini bisa menyebabkan kulit dan mata menjadi kering. Hal ini bisa memicu pengelihatan gatal hingga buram.

  • Tidak Mencopot Lensa Kontak Sebelum Tidur

Tidur dengan menggunakan lensa kontak dapat mengurangi suplai oksigen ke mata yang akhirnya menyebabkan mata kering, hingga mata buram saat bangun tidur. Selalu pastikan untuk melepas lensa kontak sebelum tidur untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi, seperti kebutaan.

  • Konsumsi Obat

Obat-obatan tertentu, seperti antihistamin, obat tidur, obat flu, dan obat tekanan darah memiliki kemungkinan untuk memengaruhi produksi air mata. Jika obat-obat tersebut diminum sebelum tidur, kans mata menjadi kering atau mata buram setelah bangun begitu besar.

  • Pengaruh Gula Darah

Masalah gula darah yang terlalu tinggi ataupun rendah juga bisa menyebabkan keburaman saat bangun tidur di pagi hari. Namun, untuk penyebab yang satu ini biasanya diiringi dengan gejala lainnya seperti pusing atau badan lesu.

  • Air Mata kering

Fungsi air mata adalah melumasi, memberi nutrisi, dan melindungi mata. Tanpa kita sadari, mata selalu mengeluarkan air mata saat tidur. Tapi, terkadang ada kondisi yang membuat air mata mongering sehingga menyebabkan penglihatan kabur setelah seseorang bangun dari tidurnya.

Untuk mengatasi mata buram yang disebabkan oleh keringnya air mata, cobalah berkedip beberapa kali sesaat setelah bangun tidur untuk memulihkan kornea mata dari penglihatan yang kabur.

***

Jika Anda merasa terganggu dengan mata buram setiap bangun dari tidur, coba perhatikan cara tidur Anda. Siapa tahu, selama ini beberapa hal di atas selalu Anda lakukan sehingga penghilatan selalu kabur setiap bangun tidur.

Namun, jika tidak juga diketahui penyebab mata buram Anda setelah bangun tidur, segeralah datangi fasilias atau tenaga medis terdekat untuk memastikan kondisi mata Anda. Jangan sampai Anda terlambat dalam melakukan upaya-upaya pencegahan jika pangkal masalahnya adalah suatu kondisi yang darurat.

Read More

Cara Mengatasi Gummy Smile

Memiliki gigi dan gusi yang indah dan senyum yang menawarn merupakan idaman bagi semua orang. Senyuman sempurna biasa diiringi dengan gigi putih bersih serta garis bibir yang simetris sehingga kedua garis gigi atau bawah terlihat sama. Namun, tidak semua orang memiliki garis gigi dan gusi yang semurna. Salah satunya ialah orang yang memiliki gummy smile.

Apa itu gummy smile? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini akan dijelaskan dengan singkat dan jelas.

Pengertian gummy smile

Gummy smile ialah kondisi abnormal karena garis gusi tidak merata atau jatuh terlalu jauh di bawah garis bibir. hal itu bisa membuat gigi terlihat kecil dan rasa tidak nyaman ketika tersenyum. Jadi ketika tersenyum, yang terlihat bukanlah gigi yang rata dan indah, namun daging gusi atas, tentunya terlihat aneh di mana gusi bagian atas seharusnya tertutup dengan bibir atas ketika tersenyum sehingga kadang ada yang melakukan tahapan pemasangan behel gigi untuk mengatasinya.

Idealnya, gusi seharusnya tampak rata dan lembut serta berfungsi sempurna sebagai bingkai untuk melengkapi senyuman seseorang, bukan sebagai gangguan, kebanyakan pasien tidak menyukai hal ini karena merusak senyum mereka padahal telah memiliki penampilan dengan polesan yang matang. Gusi memiliki kondisi yang lebih panjang dari gigi, sehingga dimensi senyum menjadi tidak aktif. Hal itu bukan karena kebiasaan buruk penyebab gigi berubah posisi.

OIdealnya, gusi seharusnya tampak rata dan lembut serta berfungsi sempurna sebagai bingkai untuk melengkapi senyuman seseorang, bukan sebagai gangguan, kebanyakan pasien tidak menyukai hal ini karena merusak senyum mereka padahal telah memiliki penampilan dengan polesan yang matang. Gusi memiliki kondisi yang lebih panjang dari gigi, sehingga dimensi senyum menjadi tidak aktif. Hal itu bukan karena kebiasaan buruk penyebab gigi berubah posisi.

Penyebab

Secara alami, mata berada di bagian tengah antara kepala bagian atas dan dagu dan sudut mata berada di garis lurus dengan pusat mata, sifat standart untuk bentuk kepala manusia dapat memberikan penciptaan fiur wajah dan menemukan orientasinya, sehingga wajah seseorang terlihat lebih menarik dan proporsional.

Hal ini merupakan sifat alami dimana hal itu seharusnya juga terjadi pada bibir dan senyuman sesseorang, namun, apa saja yang menyebabkan gusi lebih panjang dari gigi sehingga membuat senyuman terlihat tidak proporsional? Berikut berbagai penyebabnya.

  • Bibir atas pendek.
  • Bibir bergerak terlalu banyak (hypermobile).
  • Kelebihan maxilary vertikal atau tulang yang tidak seimbang.
  • Overbite berlebihan.
  • Tonus otot bibir terlalu besar, yakni pengikat antara bibir bagian dalam dan gusi.
  • Bibir terlalu lebar atau besar sehingga mengekspos gusi secara berlebihan.
  • Pertumbuhan aktif yang berubah yakni bila gigi tidak tumbuh melalui tulang.
  • Pertumbuhan pasif yang berubah, yaitu gusi tidak surut saat orang tersebut beranjak dewasa.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan adanya gummy smile. Memang segala penyebabnya terjadi karena hal hal alami atau karena bawaan dari dalam tubuh, namun seiring dengan majunya teknologi, segala sesuatu yang tidak sempurna tersebut dapat diperbaiki untuk mencapai bentuk fisik yang lebih baik sehingga juga memudahkan berbagai aktifitas harian sebagaimana ketika memiliki bentuk gigi dan mulut yang sehat tentunya akan memudahkan proses mengunyah makanan, berbicara, dsb.

Cara mengatasi gummy smile

Gummy smile dapat diatasi dan diperbaiki dengan menggunakan prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi, menurut penelitian, memang ada beberapa orang yang lahir dengan jaringan gusi berlebihan sehingga berpengaruh saat tersenyum, namun dengan majunya teknologi semua dapat diperbaiki dengan menggunakan prosedur berikut.

  • Perawatan Ortodontik, yakni dapat membantu menghilangkan gangguan pada gigi dengan cara menempatkan gigi pada posisi yang benar sehingga gummy smile dapat dihilangkan.
  • Operasi Periodontal, dilakukan untuk menghilangkan jaringan gusi yang berlebih, terutama jika pasien memiliki bentuk gigi yang lebih pendek.
  • Operasi Orthognathic, yakni untuk membantu menggerakkan maxilla atau tulang rahang ke dalam posisi yang benar sehingga bentuk gigi dan mulut menjadi lebih proporsional.
  • Botox, ialah metode non tradisional yang mengoreksi dan menyembuhkan pasien gummy smile dengan penyebab bibir yang terlalu aktif atau hipermobile, dilakukan dengan cara melakukan suntikan untuk perbaikan sementara.
  • Operasi pelepasan reposisi, ialah tindakan memperkuat otot yang mengangkat bibir atas, dilakukan untuk pasien yang memiliki bibir atas yang pendek.

Dalam mengatasi gummy smile pasien tidak bisa memilih terapi sendiri, melainkan akan ditentukan oleh dokter gigi sesuai pemeriksaan yang dilakukan berdasarkan penyebab dari gummy smile tersebut.

Read More

Pegiat Gunung Hutan Wajib Bisa Mengidentifikasi Tanaman Beracun

Beragam keterampilan dan skill memangdibutuhkan mereka yang senang berkegiatan di alam bebas.Hal ini berkaitan dengan kelancaran mereka saat berada di “taman bermainnya”. Salah satu skill atau keterampilan yang wajib dimiliki oleh mereka adalah bermacam teknik bertahan hidup atau survival, termasuk di dalamnya botani agar bisa mengidentifikasi mana tanaman beracun dan mana yang bisa dimakan.

Pasalnya, berkegiatan di alam liar, utamanya bagi Anda yang senang melakukan pendakian atau berpetualang di hutan memang penuh dengan risiko. Kita tak pernah tahu kapan bahaya itu datang menghampiri kita. Oleh karenanya, mempersiapkan segala hal untuk menunjang kehidupan kita saat situasi buruk terjadi adalah suatu kewajiban.

Saat kita kehabisan makanan, tumbuhan adalah sesuatu yang paling mudah untuk kita dapatkan. Ketika berburu hewan membutuhkan skill yang lebih kompleks, tumbuhan bisa kita konsumsi tanpa perlu mengeluarkan usaha berlebih. Namun, banyak di antara tumbuhan itu masuk ke dalam klasifikasi tanaman beracun.

Jadi, mari kita ketahui beberapa ciri yang bisa membantu kita mengidentifikasi tanaman-tanaman tersebut. Berikut di antaranya:

  • Memiliki Warna yang Mencolok

Warna mencolok pada beberapa hewan dan serangga merupakan tanda bahwa mereka beracun. Begitu juga dengan tanaman. Kebanyakan tanaman dengan warna daun atau bunga yang mencolok, berwarna-warni, dan kontras, merupakan tanaman yang mengandung racun. Jamur beracun juga mempunya warna-warni yang mencolok.

  • Memiliki Bau yang Menyengat

Kebanyakan tanaman beracun memiliki aroma atau bau yang tidak enak, kuat, dan menyengat. Tanaman dengan kadar racun yang cukup tinggi, ketika kita hirup aromanya dapat membuat pusing, mual-mual, hingga tidak enak badan.

Untuk itu, identifikasilah dengan mencium baunya. Jika tanaman tersebut mengeluarkan bau menyengat yang tidak enak maka segera hindari tanaman tersebut.

  • Tidak Dikonsumsi oleh Hewan

Setiap hewan ataupun serangga punya naluri untuk melindungi diri, termasuk dalam mengenali ciri-ciri tanaman beracun. Apabila hewan mendekati dan memakan tanaman tersebut, maka kemungkinan besar tanaman tersebut tidak beracun dan aman untuk dikonsumsi.

Namun, Anda harus tetap berhati-hati, sebab tidak semua hewan menghindari tanaman beracun. Hal itu terjadi karena tidak semua hewan punya insting yang kuat dan ada beberapa hewan yang memang tahan terhadap tanaman beracun tertentu.

Ada beberapa hewan yang memakan tanaman beracun, dan kemudian mati. Ada juga yang memakannya namun selamat karena tubuh mereka bisa beradaptasi dengan racun tersebut.

***

Selain tiga ciri di atas, kita dapat mengidentifikasi tanaman beracun melalui morfologinya. Tanaman beracun mempunyai karakteristik khusus pada bagian-bagian tubuhnya. Walaupun tidak baku, namun ciri-ciri ini kebanyakan ada pada tanaman beracun.

  • Mempunyai buah atau beri berwarna putih
  • Mempunyai getah berwarna putih
  • Berbau seperti kacang almond
  • Mempunyai biji, kacang, atau umbi di dalam polongnya.
  • Mempunyai duri atau rambut (kecuali kaktus).
  • Rasanya pahit
  • Kepala biji dengan taji pink atau hitam.
  • Kumpulan dengan tiga daun.
  • Bunga berbentuk payung
  • Daun berkilau

Jangan berpatokan melalui semua tanda atau ciri di atas. Pastikan Anda selalu mengujinya terlebih dahulu tanaman tersebut. Ada cara khusus untuk menguji apakah tanaman liar aman dikonsumsi atau tidak.

Yang paling penting, jangan pernah ambil risiko jika Anda benar-benar tidak yakin dan tahu apakah itu tanaman beracun atau aman untuk dimakan. Pasalnya, ketika tengah berada di alam liar, satu kesalahan kecil saja bisa merenggut nyawa kita. Maka dari itu, terus asah pengetahuan dan skill survival Anda.

Read More

Jenis-jenis Kandidiasis dan Perawatannya

Ada banyak jamur yang tumbuh di tubuh manusia. Salah satu jamur tersebut dikenal dengan nama Candida. Jamur ini hidup di mulut, perut, dan kulit dalam jumlah yang kecil dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan appun. Namun, ketika kondisi lingkungan mendukung pertumbuhan mereka, jamur Candida dapat berkembang biak dengan sangat tidak terkontrol dan menyebabkan infeksi. Infeksi ini dikenal dengan nama kandidiasis. Ada beberapa jenis atau tipe kandidiasis. Kebanyakan dapat dirawat hanya dengan menggunakan obat-obatan resep dokter atau OTC. Artikel ini akan membahas jenis, diagnosa, dan perawatan kandidiasis.

Jenis kandidiasis

Ada beberapa jenis kandidiasis yang umum terjadi, yang dibedakan oleh lokasi infeksi, gejala, dan tingkat keparahan kondisi ini.

  • Sariawan (oropharyngeal candidiasis)

Saat jamur Candida menyebar di mulut dan tenggorokan, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi yang disebut sariawan. Sariawan sering dijumpai pada bayi yang baru lahir, orang dewasa, dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Bagi orang dewasa, Anda memiliki risiko yang lebih tinggi mendapatkan kandidiasis jenis ini apabila Anda sedang dalam proses perawatan penyakit kanker, mengonsumsi obat-obatan corticosteroid, dan memiliki riwayat penyakit diabetes. Gejala kandidiasis jenis ini adalah bercak putih atau kuning pada lidah, bibir, gusi, dan langit-langit mulut serta pipi bagian dalam. Selain itu, apabila jamur menyebar di tenggorokan, Anda akan merasa sakit saat menelan. Sariawan dapat diobati dengan obat-obatan antijamur seperti nystatin, fluconazole, dan clotrimazole. Berkumur menggunakan obat kumur chlorhexidine dapat membantu mencegah infeksi pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

  • Infeksi jamur kelamin (genital candidiasis)

Tiga dari 4 wanita dewasa akan mendapatkan setidaknya satu infeksi jamur dalam masa hidup mereka. Hal ini terjadi ketika terdapat terlalu banyak jamur yang tumbuh di vagina. Infeksi jamur biasanya terjadi ketika terdapat perubahan keseimbangan di vagina. Hal ini dapat disebabkan oleh kehamilan, diabetes, penggunaaan obat-obatan tertentu, atau sistem kekebalan tubuh yang melemah. Terkadang, infeksi dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain lewat hubungan seksual. Gejala yang muncul di antaranya adalah rasa gatal ekstrim di vagina, pembengkakan dan bercak kemerahan di vagina dan vulva, rasa sakit dan terbakar saat buang air kecil, rasa tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual, dan cairan atau lendir yang kental berwarna putih dari vagina. Sementara itu, seorang pria dengan infeksi jamur akan memiliki penis dengan ruam yang terasa gatal. Karena gejala infeksi jamur kelamin pada wanita mirip dengan infeksi bakteri lain dan penyakit seksual menular, sangat penting bagi Anda untuk menghubungi dokter dan berkonsultasi agar mendapatkan diagnosa dan perawatan yang tepat. Dalam banyak kasus, obat dank rim antijamur dapat mengatasi infeksi tersebut.

  • Ruam popok akibat infeksi jamur

Meskipun ruam popok biasanya disebabkan karena tidak mengganti popok basah dan kotor dalam waktu yang lama, saat kulit bayi iritasi, infeksi dapat terjadi. Apabila ruam popok tidak hilang setelah beberapa lama, periksalah apakah pantat bayi merah atau terasa sensitif. Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter anak untuk memastikan apakah ruam popok tersebut kandidiasis atau tidak.

Kandidiasis juga dapat bersifat invasif, terutama apabila masuk ke aliran darah (biasanya melalui alat-alat medis). Apabila hal tersebut terjadi, jamur Candida dapat bergerak menuju jantung, otak, darah, mata, dan tulang, yang mana dapat menyebabkan infeksi serius dan mengancam nyawa.

Read More

Mengenal Sifat dan Cara Kerja Enzim Katalase

Tubuh manusia diciptakan dengan begitu sistemik. Masing-masing unsur atau bagian-bagian dalam tubuh memiliki peran, fugsi, dan cara kerjanya tersendiri. Salah satu unsur yang tak kalah penting di dalam manusia adalah enzim. Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis yang mempercepat atau memperlambat reaksi untuk nantinya dilepaskan kembali seperti semula. Ada banyak jenis enzim di dalam tubuh, salah satunya enzim katalase.

Jika tidak terdapat keberadaan enzim, maka dalam suatu reaksi dirasa akan sangat sulit terjadi. Berbeda lagi jika terdapat keberadaan enzim, maka kecepatan reaksi pada enzim akan bisa mengalami peningkatan pesat dari awalnya 107 sampai 1013 kali.

Enzim katalase adalah molekul yang terbentuk dari protein yang fungsi utamanya sebagai katalisator. Katalisator adalah proses untuk mempercepat reaksi dalam berbagai proses kimia di dalam tubuh. Enzim katalase yang mempunyai kandungan ion besi (Fe) dan mampu melakukan penguraian sebanyak 5 juta molekul khususnya hidrogen peroksida (H2O2) setiap menitnya pada 00C.

Hidrogen peroksida hanya bisa mengalami proses penguraian oleh atom besi, tetapi waktu yang diperlukan oleh satu atom besi untuk menguraikan beberapa molekul hydrogen peroksida adalah selama sekitar 300 tahun. Kemudian satu molekul katalase yang terdapat kandungan satu atom besi akan mengalami proses penguraian dalam kurun waktu satu detik.

Enzim katalase ini dapat ditemukan pada hampir semua makhluk hidup di muka bumi, baik itu hewan, tumbuhan, dan manusia. Pada manusia, enzim ini ditemukan di hati.

  • Cara Kerja Enzim Katalase

Cara kerja enzim cenderung lebih spesifik, maksudnya suatu enzim hanya bisa melakukan proses pengubahan terhadap zat–zat tertentu saja. Dengan kata lain, ternyata enzim hanya bisa ikut andil dalam mempengaruhi satu reaksi saja dan tidak bisa memberi pengaruh terhadap reaksi lain yang bukan termasuk bidangnya. Satu enzim yang bersifat khusus untuk satu substrat, contohnya pada enzim katalase yang hanya bisa melakukan hidrolisis terhadap H2O2 sehingga menghasilkan  H2O dan juga O2.

Enzim katalase bekerja dengan cara mengurai hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen. Enzim ini mencegah penumpukkan hidrogen peroksida dalam tubuh serta melindungi organel dan jaringan seluler dari radikal bebas.

Hidrogen peroksida adalah senyawa kimia yang terus diproduksi oleh berbagai reaksi metabolisme di dalam tubuh. Penumpukkan hidrogen peroksida dapat menyebabkan kerusakan dalam tubuh karena senyawa kimia ini dapat menyerang biokimia penting seperti protein dan DNA.

Reaksi katalase berjalan dalam 2 tahap. Pertama, hidrogen peroksida masuk ke sisi aktif katalase dan berinteraksi dengan asam amino Asn147 (asparagine di posisi ke-147) dan His74 (histidine di posisi ke-74) menyebabkan pembentukan oksigen yang berikatan dengan besi (O=Fe(IV)). Sisa reaksi dilepaskan sebagai air. Selanjutnya, hidrogen peroksida kedua bereaksi dengan O=Fe(IV) untuk membentuk Fe(III)-E dan melepaskan air dan oksigen.

Beberapa katalase memiliki fungsi ganda, sebagai katalase dan sebagai peroksidase. Pada katalase-peroksidase ini, berbagai bahan organik dapat digunakan sebagai donor hidrogen, seperti alkohol, yang bisa dioksidasi di liver (hati).

  • Sifat Enzim Katalase

Masing-masing enzim memiliki sifatnya tersendiri. Hal ini berkaitan dengan cara kerja dan fungsi mereka bagi kelangsungan mekanisme di dalam tubuh makhluk hidup. Sifat enzim-enzim tersebut amat unik. Nah, berikut ini adalah beberapa sifat dari enzim katalase yang perlu untuk diketahui:

  • Berat molekul: 232-240 kDa.
  • pH optimal: netral (7) pada manusia dan beragam (pH 4-11) pada berbagai spesies.
  • Suhu optimal: 25° C dan beragam pada berbagai spesies.
  • Titik isoelektrik: 5.4.
  • Struktur katalase yang kaku dan stabil membuatnya resisten terhadap unfolding sehingga lebih tahan terhadap perubahan pH serta denaturasi dan proteolisis karena suhu tinggi, bila dibandingkan dengan kebanyakan enzim lainnya.
  • Diproduksi selama fase stationer ketika jumlah protein tinggi dan ketika terjadi keseimbangan antara sintesis dan degradasi protein (protein turnover).
  • Gen yang mengkode katalase adalah CAT, yang terletak di kromosom 15, misalnya pada Bos Taurus (sapi).
  • Gen tersebut juga ditemukan antara lain pada manusia, simpanse, anjing, tikus, kucing, ikan, lalat buah, nyamuk, dan mikroorganisme seperti Saccromyces cerevisiae (khamir), dan Neurospora crassa (jamur).

***

Itulah beberapa hal penting yang dapat diketahui mengenai sifat dan cara kerja enzim katalase di dalam serangkaian mekanisme tubuh makhluk hidup, utamanya manusia. Sama seperti unsur-unsur lain, keberadaan enzim tak boleh kurang atau bahkan hilang sama sekali demi menjaga keseimbangan tubuh manusia itu sendiri.

Read More

Manfaat dan Efek Samping Buncis Bagi Anak

Manfaat buncis tidak hanya menjaga kesehatan jantung, tapi juga mengurangi potensi kanker.

Vitamin dan mineral dalam jumlah yang banyak dapat didapatkan dari salah satu jenis sayuran yang mudah didapat, buncis merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak kedua kandungan tersebut. Lebih dari, banyak orang belum mengetahui bahwa ternyata manfaat buncis dapat menjaga kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan baik dan sesuai aturan.

Selain lezat, jenis sayuran yang mudah ditemui di warteg atau warung makan kaki lima ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Manfaat yang dimiliki buncis tidak akan berkurang meski dimasak dengan cara ditumis maupun sebagai lalap. Salah satu manfaat yang dimiliki adalah mampu menambah nutrisi ketika seseorang melakukan program diet.

Macam Manfaat Buncis

Green beans menjadi sebutan buncis untuk orang-orang yang berada di belahan bumi barat, selain itu masyarakat Amerika Serikat menggunakan sayuran ini sebagai pendamping ketika menyantap steak, karena dipercaya dapat menambah nutrisi yang ada. Berikut ini macam manfaat kesehatan yang dimiliki buncis.

  1. Sumber Serat

Karbohidrat dan serat pangan yang cukup banyak terkandung dalam buncis, jika seseorang mengonsumsi sayuran ini dengan rutin maka dapat dipastikan sistem pencernaannya semakin lancar dan mengantisipasi dari sembelit. Terutama pada anak, sangat direkomendasikan untuk memberikan sayuran ini untuk anak.

  1. Protein Tinggi

Seperti yang diketahui bahwa sayuran jenis kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang cukup banyak, termasuk yang terkandung di dalam buncis. Nutrisi yang dimiliki mampu digunakan untuk tumbuh kembang anak, khusus pada jaringan otot yang terdapat di seluruh tubuh si anak tersebut.

  1. Vitamin A dan C

Buncis memiliki beberapa kandungan vitamin, seperti vitamin A dan C, vitamin A khususnya mampu membuat penglihatan anak semakin menjadi lebih baik. Kemudian vitamin C mampu meningkatkan daya tahan anak agar tidak mudah terkena beberapa penyakit seperti flu, batuk hingga infeksi lainnya.

  1. Sumber Mineral

Buncis merupakan sumber mineral, di mana manfaatnya yang satu ini mampu sangat berguna untuk mendukung tumbuh kembang anak khususnya pada pertumbuhan tulang dan gigi. Mineral tersebut sangat bermanfaat untuk kedua organ tubuh, khususnya pada anak yang sedang mengalami pertumbuhan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Menurut hasil penelitian, satu cangkir yang mengandung buncis mentah mengandung 31 kalori tanpa adanya lemak. Kemudian mengandung 3,6 gram gula, kandungan inilah yang mampu membantu seseorang dalam usaha untuk menurunkan berat badan.

  1. Kesehatan Jantung

Tidak ada kolesterol dalam kandungan buncis, hal inilah yang menjadi alasan mengapa sayuran ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebaliknya, buncis dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh, kolesterol ini sangat berisiko meningkatkan seseorang terkena penyakit jantung.

  1. Cegah Kanker

Salah satu alasan buncis digunakan sebagai makanan pendamping steak karena sayuran jenis ini memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Steak identik dengan daging yang dipanggang menggunakan temperatur yang tinggi, bahan makanan ini berpotensi menimbulkan efek karsinogenik yang timbul dari amina heterosiklik dan mampu menyebabkan kanker.

Klorofil yang dikonsumsi dari buncis bersamaan dengan konsumsi daging panggang mampu menurunkan risiko seseorang terkena kanker sekaligus menghadang efek karsinogenik yang diakibatkan dari daging yang dipanggang.

Beberapa manfaat buncis yang dijelaskan di atas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak manfaat yang terkandung di dalam buncis. Meski sepele, sayuran jenis ini nyatanya mampu menjadi pemberi asupan yang menjaga kesehatan tubuh dan sangat direkomendasikan untuk anak dalam masa pertumbuhan.

Read More

Kondisi Kesehatan Jika Tak Mampu Mencapai Angka pH Normal Urine

bagaimana seharusnya ph normal urine yang menjadi indikasi kondisi kesehatan manusia?

Urine adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi atau berkemih. Ekskresi urine diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh. Salah satu hal yang penting di dalam urine adalah kadar pH, karena ia memiliki banyak peran sehingga kita harus terus menjaga nilai pH normal urine.

Urine terdiri dari air dengan bahan terlarut berupa sisa metabolisme (seperti urea), garam terlarut, dan materi organik. Cairan dan materi pembentuk urine berasal dari darah atau cairan interstisial. Komposisi urine berubah sepanjang proses reabsorpsi ketika molekul yang penting bagi tubuh, misal glukosa, diserap kembali ke dalam tubuh melalui molekul pembawa.

Adapun ph urine menunjukkan tingkat asam dan basa urine. Dengan mengetahui ph urine, kita bisa mendeteksi kondisi kesehatan. Pasalnya, pH urine bisa menunjukkan kondisi kesehatan tertentu atau gejala penyakit yang mungkin ada di dalam tubuh kita. Salah satu contohnya adalah kadar pH urine yang terlalu asam atau terlalu basa, juga akan memengaruhi tingkat risiko Anda terkena batu ginjal.

Nilai pH normal urine berkisar antara 4,5- 8,0. Namun, nilai rata-ratanya adalah 6,0 dan nilai pH urine yang netral adalah 7,0. Urine yang memiliki pH di bawah 5,0 adalah asam, sedangkan pH di atas 8,0 adalah basa.

Meski begitu, tiap laboratorium bisa saja memiliki nilai normal tersendiri. Namun, hal itu tidak akan berbeda jauh dari rentang yang telah disebutkan di atas.

Jika dari hasil pemeriksaan, nilai pH urine di bawah normal, artinya sifat urine yakni asam. Nah, kondisi tersebut bisa menunjukkan beberapa gejala kesehatan seperti di bawah ini:

  • Asidosis

Asidosis adalah kondisi yang terjadi ketika kadar asam di dalam tubuh sangat tinggi. Kondisi ini ditandai dengan beberapa gejala, misalnya napas pendek, linglung, atau sakit kepala.

Nilai pH normal urine adalah di rentang 4,5- 8,0. Asidosis terjadi saat pH urine kurang dari 5,00 (asam).  

Asidosis terjadi saat keseimbangan asam-basa di dalam tubuh terganggu, sehingga kadar asam menjadi sangat tinggi. Ada 3 mekanisme yang menyebabkan munculnya asidosis, yaitu produksi asam yang berlebihan, pengeluaran asam yang terganggu, dan proses keseimbangan asam-basa di dalam tubuh yang tidak normal. Hal-hal ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan asam di dalam tubuh.

Ketiga mekanisme penyebab asidosis di atas disebabkan oleh dua faktor, yakni gangguan metabolisme asam di tubuh (asidosis metabolik) atau gangguan pada proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida (asidosis respiratorik).

Sementara itu, dalam konteks ini, asidosis terjadi lantaran penyebab pertama atau asidosis metabolik.

Kondisi ini terjadi ketika produksi asam di tubuh terlalu berlebihan atau saat ginjal tidak mampu mengeluarkan asam dari dalam tubuh.

  • Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Dehidrasi terkadang dianggap sebagai permasalahan kondisi tubuh yang tidak perlu ditangani secara serius, dan kebanyakan anak-anak dan remaja menganggapnya sebagai haus biasa. Namun, jika gejala awal dehidrasi tidak ditangani dengan baik, dapat mengganggu fungsi tubuh. Saat dehidrasi telah sampai di titik yang ekstrem, maka bisa menyebabkan kejang, kerusakan otak, dan bahkan kematian.

  • Diabetes Ketoasidosis

Merupakan suatu komplikasi diabetes yang serius akibat adanya keton dalam tingkat tinggi dalam tubuh. Ketoasidosis diabetik terjadi ketika sel-sel dalam tubuh tidak menerima gula (glukosa) yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Sehingga ada banyak glukosa dalam aliran darah, tetapi tidak cukup insulin untuk membantu mengangkut glukosa dari darah menuju ke dalam sel. 

Akibatnya sel kekurangan glukosa sebagai sumber energi dan beralih menggunakan lemak. Penguraian lemak sebagai sumber energi ini menghasilkan keton (sejenis asam), dengan jumlah yang cukup banyak dan berbahaya bagi tubuh.

  • Diare

Diare adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar, dengan kondisi tinja yang encer. Pada umumnya, diare terjadi akibat makanan dan minuman yang terpapar virus, bakteri, atau parasit.

Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari (akut), namun pada sebagian kasus dapat memanjang hingga berminggu-minggu (kronis). Pada umumnya, diare tidak berbahaya jika tidak terjadi dehidrasi. Namun, jika disertai dehidrasi, penyakit ini bisa menjadi fatal, dan penderitanya perlu segera mendapat pertolongan medis.

Berdasarkan beberapa kondisi kesehatan di atas, penting kiranya untuk selalu menjaga nilai pH normal urine. Caranya cukup mudah, sebab salah satu faktor yang paling memengaruhi pH urine adalah pola makan. Sehingga, sebelum menilai hasil laboratorium dari pemeriksaan urine tersebut, dokter akan menanyakan tentang pola makan Anda sehari-hari.

Read More

Manfaat Tomat Serta Efek Samping yang Perlu Diketahui!

Manfaat tomat untuk kesehatan ternyata bukanlah mitos semata. Buah berwarna merah pekat yang rasanya manis dan segar ini, bisa memenuhi asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tomat juga mengandung beberapa antioksidan dan nutrisi yang sangat menyehatkan untuk tubuh, seperti likopen, kolin, asam folat, beta karoten, lutein, hingga asam alfa-lipoat. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, buah ini malah bisa memberikan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. Berikut manfaat tomat dan efek sampingnya.

Manfaat tomat untuk kesehatan:

  1. Membantu penyerapan zat besi

Manfaat tomat untuk kesehatan datang dari kandungan vitamin C-nya. Kandungan vitamin C dikenal sebagai nutrisi yang bisa membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik. Dengan menambahkan tomat dalam pola makan sehari-hari, bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi.

  • Meningkatkan energi tubuh

Pernah merasa cepat lelah dan letih? Tidak perlu khawatir, Anda bisa konsumsi Tomat untuk meningkatkan energi tubuh. Tomat memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk memberikan energi saat rasa letih menyerang.

  • Memperkuat sistem imun tubuh

Selain kandungan vitamin C yang mampu membantuk penyerapan gizi, buah tomat juga mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh ibu hamil. Selain itu, vitamin A dari buah tomat ini bisa membantu melawan infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam memperbaiki jaringan tubuh.

  • Melancarkan pencernaan

Jika Anda sering bermasalah dengan pencernaan, mengonsumsi tomat bisa menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan, buat tomat kaya akan serat yang bisa melancarkan pencernaan, sehingga perut tidak mengalami sembelit, wasir ataupun diare.

  • Memperlancar sirkulasi darah

Hasil studi membuktikan bahwa buah tomat adalah makanan yang bisa membantu pembuluh darah terbuka, sehingga mampu memperlancar aliran darah.

  • Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi saat hamil

Satu buah tomat berukuran sedang mengandung setengah cangkir (118 mililiter) air.  Ibu hamil membutuhkan air lebih banyak untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi selama kehamilan. Sebab, cairan akan membantu pembentukan plasenta dan kantung ketuban. Itulah sebabnya, tomat sangat dianjurkan

Karena kandungan berikut inilah, berbagai manfaat tomat tersebut bisa dirasakan.

  • Protein: 1,58 gram (g)
  • Serat: 2,2 g
  • Karbohidrat: 5,8 g
  • Kolesterol: 0 g
  • Kalsium: 18 miligram (mg)
  • Kalium: 427 mg
  • Vitamin C: 24,7 mg
  • Fosfor: 43 mg

Efek samping mengonsumsi tomat yang berlebihan

Mengonsumsi tomat dalam porsi yang wajar, sangatlah dianjurkan untuk kesehatan. Namun, jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak bisa menimbulkan efek samping merugikan, seperti:

  • Migrain
  • Masalah ginjal
  • Masalah kandung kemih
  • Nyeri ulu hati
  • Refluks asam lambung

Mengonsumsi makanan yang mengandung likopen terlalu banyak juga bisa menimbulkan risiko karotenemia dan likopenemia. Kedua kondisi ini bisa ditandai dengan gejala kulit menguning pada telapak tangan dan kaki.

Read More