Benarkah Urutan Gejala Covid-19 Selalu Muncul Berurutan?

Sampai saat ini pandemik Covid-19 belum usai, sebaliknya di Indonesia belakangan ini kasus per harinya justru terus meningkat. Namun seiring berjalannya waktu, ada sebuah penlietian baru yang muncul. Bahwa urutan gejala Covid-19 ini muncul secara berurutan. Benarkah demikian? 

gejala covid 19

Gejala Covid-19, terdiri dari demam serta batuk. Gejala tersebut sangat mirip dengan sejumlah penyakit umum lainnya seperti flu musiman yang biasa terjadi. Jadi dengan memiliki gejala yang sama tersebut, bagaimana Anda bisa mendeteksi apakah itu demam flu atau demam akibat Covid-19? 

Urutan gejala Covid-19

Para peneliti dari University of Southern California (USC) telah menemukan kemungkinan urutan gejala Covid-19 pertama kali muncul. Jika Anda mengalami Covid-19 maka kemungkinan gejala-gejala yang muncul akan berurutan, seperti:

  1. Demam
  2. Batuk dan nyeri otot
  3. Mual, muntah, atau keduanya
  4. Diare

Penelitian tersebut pun muncul pada jurnal Frontiers in Public Health. Pandemi Covid-19 ini disebabkan oleh coronavirus (SARS-CoV-2), yaitu sindrom pernapasan akut yang parah, di mana memiliki dampak keseluruhan pada tubuh yang sangat dasyat. 

Seseorang yang terinfeksi COvid-19 sangat menular, menunjukkan tingkat dua hingga tiga kali lebih menular daripada influenza. Selain itu, karena wabah ini terjadi dalam kelompok, idetifikasi awal pengakit dapat mengurangi jumlah dan ukurannya. Namun, para ahli tidak dapat menentukan gejala awal secara akurat. 

Meningkatkan strategi pengobatan untuk pasien Covid-19

Dengan mengetahui gejala awal yang telah terpola tersebut, para peneliti dapat membantu pasien dengan segera dan mencari perawatan yang cocok ataupun memutuskan untuk mengisolasi mandiri saja. 

Selain itu, informasi tersebut pun dapat membantu para tim medis dalam mengidentifikasi pesien dengan penyakit tersebut, dan mengenyampingkan penyakit lain, dan merancang perawatan yang lebih tepat serta cepat. 

Waktu dan gejala berbeda untuk penderita Covid-19

Demam dan batuk sering kali dikaitkan dengan berbagai macam penyakti pernapasan, termasuk influenza, sindrom pernapasan akur parah atau severe acute respiratory syndrome (SARS), dan middle east respiratory syndrome (MERS). 

Untuk menentukan urutan munculnya gejala Covid-19, para peneliti mengevaluasi tingkat kejadian dari 55.924 kasus cirus corona yang terkonfirmasi di China dan dikumpulkan oleh WHO antara 16 Februari – 24 Februari 2020. 

Tidak hanya itu, para peneliti pun membandingkan urutan gejala Covid-19 dengan influenza, tim melihat kumpulan data influenza dari 2. 470 kasus yang dikonfirmasi dari sebagian besar pasien yang tidak divaksin di Eropa, Amerika Utara dan belahan bumi bagian selatan. 

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dari tiga penyekit yang diteliti disebabkan oleh virus corona-Covid-19, SARS, dan MERS, memiliki gejala yang paling awal mungkin adalah demam. Sebaliknya, influenza dimulai dengan batuk. 

Selain itu, meskipun gejala penyakit ini msaih tumpang tindih dengan Covid-19, namun yang membedakan virus corona adalah waktu dan gejala pada asaluran pencernaan bagian atas dan bawah. 

Maksudnya, pada Covid-19 gejala saluran bagian atau (mual dan muntah) akan lebih dahulu muncul daripada saluran bagian bawah, seperti diare. Sebaliknya pada SARS dan MERS. 

Urutan tersebut sangat penting untuk diketahui ketika kita memiliki siklus penyakit yang tumpang tindih seperti flu dan bertepatan dengan infeksi Covid-19. Dengan begitu, dokter pun dapat menentukan langkah apa yang harus diambil untuk merawat pasien, dan mereka dapat mencegah kondisi pasien lebih buruk. 

Jadi, urutan gejala Covid-19  menurut penelitian yang terbaru dimulai dengan demam, kemudian batuk dan nyeri otot, dan berkembang menjadi mual atau muntah bahkan bisa keduanya, dan diakhiri dengan diare. Jika Anda merasa demam tinggi di atas 37 derajat dan hal tersebut terjadi selama beberapa hari ada baiknya untuk mewaspadai hal ini. Segera kunjungi dokter untukmelakukan pemeriksaan lebih lanjut.  

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*