Benarkah Manfaat Masker Alpukat Baik Bagi Kesehatan Kulit?

Manfaat buah alpukat memang tidak perlu diragukan lagi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa alpukat memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan kita. Buah ini memiliki lemak sehat dan sedikit serat, serta antioksidan dan mineral yang penting untuk tubuh.

Namun, apakah benar manfaat masker alpukat bisa untuk kesehatan kulilt Anda? Jadi selain rasanya yang enak dan kaya nutrisi untuk tubuh, alpukat pun memiliki manfaat bagi kesehatan kulit Anda, salah satunya masker wajah alpukat. Yuk, kita lihat apa saja manfaat masker alpukat untuk kulit wajah.

Manfaat masker alpukat bagi kulit

Alpukat tidak hanya tinggi lemak sehat, tetapi juga menjadi sumber vitamin C dan E yang sangat baik untuk kulit, kedua vitamin tersebut berperan penting dalam kesehatan dan vitalitas Anda.

  • Meningkatkan elastisitas kulit

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 terhadap lebih dari 700 wanita memiliki hubungan antara kondisi kulit dan asupan lemak dan zat gizi antioksidan. Dengan menggunakan masker alpukat dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan. Hal ini karena alpukat mengandung asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

  • Meminimalkan jerawat

Apakah kulit wajah Anda rentan terhadap jerawat? Nah, dengan menggunakan masker alpukat, Anda dapat membersihkan wajah dengan minyak alpukat yang berfungsi untuk mengurangi munculnya jerawat. Hal ini karena sifat antimikroba yang terdapat pada alpukat.

Selain itu,  alpukat pun menunjukkan bahwa menggunakan minyak alpukat sebagai pembersih yang dapat membantu kulit Anda menjadi lebih kenyal dan lembab.

  • Meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan

Manfaat masker alpukat lainnya adalah dapat menignkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Selain menggunakan untuk wajah, Anda pun dapat menggunakan minyak alpukat pada bagian tubuh lain kulit Anda.

Minyak alpukat yang diperas memiliki banyak antioksidan, sterol nabati, omega-9. Mineral, dan vitamin, termasuk vitamin C dan E. berbagai nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, meredakan peradangan, dan menghilangkan kulit yang usdah tua.

Cara menggunakan alpukat sebagai masker

Bahan:

  • 1 sendok teh minyak kelapa
  • ½ buah alpukat matang yang telah dikupas
  • 1 sendik teh madu
  • 1 sendok teh air

Cara membuat:

  • Taruh minyak kelapa, alpukat, madu, dan air dalam mangkuk
  • Lalu haluskan semua bahan menjadi sebuah pasta, bisa dikocok ataupun menggunakan blender
  • Setelah semua teraduk, gunakan segera setelah dibuat
  • Namun sebelum menggunakan, disarankan untuk menghangatkan kulit wajah Anda dengan menggunakan handuk hangat selama 20 detik, yang berfungsi untuk membuka pori-pori Anda
  • Oleskan masker ke wajah Anda menggunakan kari atau kuas, hindari daerah mata
  • Biaran selama 15 menit dan bilas dengan air hangat
  • Tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering

Adakah efek samping masker alpukat?

Jiak sebelumnya dan belum pernah menggunakan masker alpukat, ada baiknya untuk melakukan uji sampel terlebih dahulu sebelum langsung terkena wajah.

Caranya adalah dengan mengoleskan masker alpukat pada pergelangan tangan Anda. Jika Anda sensitif terhadap alpukat, Anda akan merasakan gatal, kemerahan, bengkak, atau terbakar dalam beberapa jam. Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki reaksi apapun, kemungkinan besar masker wajah aman untuk Anda gunakan.

Masfaat masker alpukat memang telah terbukti ampuh untuk beberapa masalah kulit karena alpukat sendiri mengandung lemak sehat, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Selain berguna bagi kesehatan wajah, alpukat pun baik untuk kesehatan tubuh lainnya. Jadi, Anda dapat memasukkan alpukat dalam asupan makanan Anda sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*