Beberapa Kondisi Dapat Menyebabkan Pusing Setelah Makan

Beberapa Kondisi Dapat Menyebabkan Pusing Setelah Makan

Makan biasanya membantu mengurangi pusing dengan meningkatkan gula darah. Jadi, ketika Anda merasa pusing setelah makan atau ngemil, gejalanya bisa membingungkan.

Banyak orang mengalami pusing sebelum makan. Glukosa darah yang rendah bisa membuat seseorang merasa pusing atau kelelahan, apalagi jika sudah lama sekali sejak terakhir kali makan. Pusing setelah makan jarang terjadi, tetapi bisa juga terjadi.

Beberapa kondisi dan penyebab yang berbeda berpotensi menyebabkan pusing setelah makan. Terkadang, Anda mungkin berdiri terlalu cepat setelah duduk lama. Perubahan volume cairan dan aliran darah yang tiba-tiba ini dapat menyebabkan pusing sementara.

Beberapa kondisi medis dan sensitivitas makanan dapat memicu pusing setelah makan. Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan pusing setelah makan:

  • Hipotensi postprandial

Hipotensi postprandial adalah suatu kondisi yang terjadi setelah makan. Ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke perut dan usus, yang membuat aliran darah menjauh dari bagian tubuh lainnya.

  • Hipoglikemia nondiabetes

Hipoglikemia nondiabetes adalah kondisi langka yang dapat menyebabkan pusing setelah makan karena penurunan gula darah secara tiba-tiba. Seseorang dengan hipoglikemia nondiabetes dapat mengalami hipoglikemia reaktif, di mana gula darah turun alih-alih meningkat setelah makan.

  • Pemicu diet

Terkadang sesuatu yang Anda makan dapat memicu suatu kondisi (sementara atau kronis) yang membuat Anda merasa pusing setelah memakannya. Misalnya, makan makanan tertentu telah dikaitkan dengan migrain, salah satu gejalanya adalah pusing.

Perawatan untuk pusing setelah makan biasanya tergantung pada penyebab yang mendasarinya. 

Jika pusing Anda akibat setelah makan makanan tertentu atau alergi makanan, sebaiknya hindari makanan tersebut. Jika Anda tidak yakin makanan mana yang menyebabkan pusing, bicarakan dengan dokter Anda tentang diet eliminasi untuk menentukan penyebab pasti yang mendasarinya.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*