kesalahan menyikat gigi

8 Kesalahan Menyikat Gigi

Menyikat gigi terlihat seperti aktivitas sehari-hari yang tidak membutuhkan keahlian tertentu. Meski demikian tanpa disadari, ada sejumlah kesalahan dalam menyikat gigi. Simak kesalahan-kesalahan umum berikut ini dalam menyikat gigi, agar bisa Anda hindari.

1. Memilih Sikat Gigi yang Salah

Anda dihadapkan pada begitu banyak pilihan sikat gigi di pusat perbelanjaan maupun minimarket. Kimberly Harms, seorang dokter gigi dari Farmington, Minnesota, Amerika Serikat mengatakan, hal yang perlu diperhatikan dari sikat gigi adalah bentuk yang bisa menjangkau seluruh sudut gigi. Jangan sampai ada sudut yang tak terjamah penyikatan, karena di situ plak bisa menumpuk dan merusak gigi. Bentuk sikat yang diperlukan satu orang, bisa berbeda dari orang lain. Orang dengan mulut mungil, misalnya, disarankan tidak menggunakan sikat dengan kepala sikat besar. Hal penting lainnya adalah bulu sikat yang halus dan tidak merusak gusi maupun susunan gigi. “Orang sering berpikir, bulu sikat yang lebih keras bisa menyikat dengan lebih bersih. Itu tidak benar,” kata Maricelle Abayon, dokter gigi dari Eastman Institute for Oral Health di New York, Amerika Serikat.

2. Menyikat Terlalu Keras

Tekanan pada proses penyikatan gigi menjadi salah satu masalah terbesar. “Orang-orang seperti menyikat lantai kamar mandi,” kata Matt Messina, dokter gigi dari Fairview Park, Ohio, Amerika Serikat. Tekanan berlebihan itu merusak gigi dan gusi. Padahal, tujuan menyikat gigi adalah menyingkirkan plak. Plak merupakan lapisan yang terbentuk secara alami di gigi yang bisa menjadi tempat perkembangbiakan bakteri perusak gigi, dan penyebab bau mulut. Plak, memiliki tekstur halus dan mudah lepas. Jadi, tidak perlu menyikat keras-keras.

3. Terburu-buru

Biasanya, sikat gigi dilakukan sebagai rutinitas penutup kegiatan mandi maupun menjelang tidur malam. Oleh karena itu, banyak yang melakukannya secara terburu-buru. Apalagi ketika terlambat bangun dan harus mandi secepat mungkin. Padahal, waktu ideal untuk menyikat gigi adalah 2-3 menit. Anda bisa melakukannya sambil mendengarkan lagu favorit. Dengan demikian, Anda tidak merasa aktivitas ini terlalu lama. 

4. Tidak Mengganti Sikat Gigi Selama 4 Bulan

Dokter gigi menyarankan menggunakan satu sikat gigi tidak lebih dari 4 bulan. Lewat dari itu, bulu sikat menjadi berantakan dan bisa merusak gigi serta gusi. Jika tidak ingat kapan mulai menggunakan sikat gigi yang dipakai sekarang, Anda bisa mengidentifikasinya dari bulu sikat. Kalau sudah berubah warna, kotor, dan melengkung, waktunya memakai sikat gigi baru.

5. Menyikat secara Horizontal

Banyak orang melakukan penyikatan dengan arah yang salah, yaitu horizontal alias ke kanan-kiri dan depan-belakang. Itu bisa merusak gigi dan gusi. Semestinya, penyikatan dimulai dari gusi dengan gerakan naik turun dan sedikit memutar.

6. Melupakan Batas Gigi dan Gusi

Bakteri kerap bersarang di area batas antara gigi dan gusi. Kebanyakan orang melupakan area sekitar 2 milimeter ini, sehingga kerap terbentuk plak dan karang gigi di sana. Anda bisa membersihkannya dengan mengarahkan sikat gigi 45 derajat ke batas gusi, lalu baru menyapu gigi dengan gerakan naik-turun. Menyikat lidah juga diperlukan untuk melenyapkan bakteri.

7. Langsung Menyikat Gigi setelah Makan

Sebaiknya jangan langsung menyikat gigi sehabis makan. Sebab, rongga mulut mengeluarkan zat asam untuk mengolah makanan. Zat asam yang bercampur dengan abrasif pada pasta gigi, bisa merusak gigi. Dokter gigi menyarankan jeda 15-20 menit, sampai zat asam di air liur habis. Jika terpaksa menyikat gigi langsung sehabis makan, Anda bisa berkumur dulu untuk membuang sebagian zat asam di mulut.

8. Tidak Menyediakan waktu khusus.

Kita hanya menyikat gigi sebagai kebiasaan, baik sehabis mandi maupun sebelum tidur. Ada baiknya Anda menyediakan waktu khusus untuk membersihkan gigi. Mulai menyikat, melakukan flossing, memastikan tidak ada sisa makanan tertinggal di mulut, serta berkumur dengan mouthwash.

Referensi: https://www.webmd.com/oral-health/features/brushing-teeth-mistakes#1, https://bundabergdentist.com.au/8-common-toothbrush-mistakes/

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*