rekomendasi bela diri terbaik

5 Rekomendasi Bela Diri Terbaik Untuk Olahraga

Belakangan ini, bela diri menjadi semakin banyak diminati sebagai pilihan latihan fisik dan olahraga. Alasan mereka yang memilih bela diri untuk olahraga sangatlah beragam. Seperti untuk mencari latihan yang dapat memberikan kedisiplinan mental yang lebih besar, komitmen, kekompakan komunitas, hingga kreasi dalam aktivitas latihan. Tidak hanya itu, pertandingan yang membela diri akan mampu terintegrasi dengan baik ke dalam karakter dan mental. Di samping itu, seni bela diri juga memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan kuat.

Dalam hal penerapannya, mempelajari seni bela diri sama efektifnya dengan latihan dan olahraga lainnya. Bahkan, manfaatnya terbukti lebih banyak karena seni bela diri memaksimalkan semua jenis latihan, mulai dari kekuatan, ketahanan kardiovaskular, kelincahan dan fleksibilitas, serta konsentrasi dalam satu latihan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi seni bela diri yang baik untuk olahraga.

1. Muay Thai
Muay Thai, yang juga dikenal sebagai Thai boxing, adalah sebuah pertandingan bela diri yang dikembangkan di Thailand. Bela diri ini terkenal dengan fokus penekanannya pada serangan berdiri dan clinching (gerakan untuk mendekati lawan untuk mengurangi ruang geraknya dalam menyerang). Muay Thai juga populer sebagai “seni delapan anggota badan,” karena menggunakan gerakan tubuh yang melibatkan tinju, siku, lutut, dan tulang kering.

Berlatih Muay Thai dapat membantu Anda mengenali teknik bela diri yang efisien karena serangannya yang lugas. Tidak seperti seni bela diri lainnya, teknik gerakan Muay Thai sebagian besar didominasi oleh gerakan yang efektif dan ekonomis dari beberapa sendi, khususnya lutut. Tidak hanya itu, Muay Thai juga dianggap sebagai latihan yang cukup berat sehingga menjadikannya salah satu seni bela diri terbaik untuk kebugaran.

2. Brazilian Jiu-Jitsu
Brazilian Jiu-Jitsu, atau lebih tepatnya disebut sebagai BJJ, adalah seni bela diri yang menempatkan fokus pada pertarungan lantai, bantingan, kuncian, dan cekikan. Seni bela diri ini menunjukkan bagaimana lawan yang lebih kecil, lebih lemah, dan lebih lambat dapat melawan dan bertanding dengan lawan yang besar dan kuat. Bela diri ini sebenarnya merupakan sebuah pengembangan dari bela diri Kodokan Judo, hingga akhirnya diangkat sebagai olahraga pertandingan yang cukup direkomendasikan.

Secara umum, Brazilian Jiu-Jitsu yang memadukan latihan aerobik dan anaerobik tampak cukup mustahil atau sangat sulit untuk dilakukan. Namun, inilai yang ternyata menjadikannya salah satu seni bela diri terbaik untuk melatih kebugaran.

3. Seni Bela Diri Campuran
Seni Bela Diri Campuran atau Mixed Martial Arts (MMA) adalah perpaduan teknik yang efektif yang mencampurkan gerakan dan teknik berbagai seni bela diri. Bela diri ini dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik pertarungan, mulai dari pergumulan, tendangan, serta pukulan. Pada awalnya MMA dipahami sebagai kontes untuk menentukan seni bela diri yang paling efektif dengan mengadu dan mengombinasikan semua teknik bela diri satu sama lain dalam sebuah kontes dengan aturan yang relatif sedikit. Kemudian, MMA berlanjut dan berevolusi menjadi gaya bela diri yang kohesif sebagai dengan menggabungkan beberapa seni bela diri ke dalam aturan dan tekniknya.

Dengan menggabungkan berbagai teknik efektif dari semua bela diri, tidak heran jika MMA disebut menjadi salah satu seni bela diri terbaik untuk melatih kebugaran. Namun, perlu diingat bahwa diperlukan komitmen dalam beratih untuk untuk mengoptimalkan kekuatan dan kelincahan dalam bela diri ini.

4. Gulat
Seperti BJJ, gulat merupakan bela diri yang didominasi dengan gerakan di lantai. Pada latihan ini, seorang pegulat fokus pada tujuan menjatuhkan atau mengontrol musuh tanpa menggunakan serangan dari tubuh bagian atas. Teknik fisik yang ditunjukkan dalam gulat cukup beragam, mulai dari joint lock, clinch fighting, grappling hold, dan leverage. Namun, perlu diperhatikan bahwa teknik-teknik tersebut berisiko dapat menyebabkan luka yang serius. Meskipun begitu, gulat sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan dan daya tahan. Akan tetapi kurang memberikan pengaruh pada penurunan berat badan.

5. Tai Chi
Jika Anda mencari bela diri yang tidak membutuhkan tekanan fisik yang berat, Tai Chi adalah pilihan terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Bela diri ini terfokus pada latihan keseimbangan dan penguatan otot yang lembut. Secara umum, gerakan pada latihan Tai Chi dilakukan dengan menyerupai aliran air yang tenang. Dari situlah latihan tai chi memaksimalkan latihan konsentrasi, pernapasan, serta latihan mengatur irama tubuh seperti air yang mengalir.

Apabila Anda berniat untuk mencari latihan bela diri sebagai pilihan olahraga fisik, pastikan untuk memahami teknik dan fokus latihan dari bela diri tersebut. Pahami juga kebutuhan dan kapasitas tubuh untuk menentukan seni bela diri terbaik untuk kebugaran tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*